WHAT'S NEW?
Loading...

Traveling Asyik Gak Pake Tapi



Tulisan ini dibuat ketika gue sedang menyambi pekerjaan lembur gue di ruang kerja klien. Waktunya? Tengah malam, lebih dikit sih. Mungkin kalau gue adalah Cinderella, kondisi gue sekarang udah kehilangan magic yang bikin gue jadi rupawan. Walaupun sebenernya kalau gue ngaca, tampang gue acak-acakan karena jam segini belum ketemu pulau kapuk, haha. Entah kenapa otak gue jadi cair, gue lagi pengen nulis. Ya, mungkin secara gak sadar, gue mengingat kalau ada target buat bikin lima tulisan dalam setiap bulan. Mumpung ada waktu, kenapa enggak?




Tulisan ini adalah sindiran kecil buat mereka yang masih mikir seribu kali buat jalan, ketika keinginan mereka cuma mentok di niat. Iyah NIAT! Tapi karena alasan ini itu, akhirnya gak jadi jalan. Alasan klasik yang biasanya disebutkan "Duhh, gue mau jalan tapi gak ada temen nih, jadinya MALES..." Well, temans, bilang saja kalau memang dirimu itu malas, gak perlu pakai alasan kalau gak ada temen. Masalah gak akan selesai kalau lo gak menyadari akar dari masalah lo itu sendiri (kata-kata kece di tengah telernya kepala gue tengah malam ini).


Kalau gue bisa kasih pencerahan (kayak lampu neon yang super terang di ruangan klien gue ini), hal pertama yang harus lo sadari ketika lo tahu lo pengen jalan adalah LU HARUS PUNYA TUJUAN. Lo, sebenernya mau ngapain sih jalan, traveling, backpacker-an? Mau buang penat, cari jodoh, menuhin rasa penasran, mulung sampah, atau ngabisin duit? Syukur-syukur sih sambil memuja syukur melihat semua keindahan alam ciptaanNya, mulia sekali. Tapi gue mau ngingetin aja, jalan-jalan tanpa tujuan itu ibarat anak ayam yang kehilangan induknya, kayak Chakra Khan yang gak tahu arah jalan pulang, gak jelas. Dan waktu lo bakalan terbuang sia-sia untuk hal yang sebenarnya gak lo butuhin. Penyesalan lah yang pertama kali akan menghampiri diri ketika lo menyadari semua hal tersebut. Karena, mau gimana lagi? Semua sudah terjadi, dan semua sudah terlambat.


Tanya: Lo sendiri gimana, vie? Ngapain lo jalan-jalan, secara kerjaan lo bejibun?


Jawab:  Hal pertama, gue udah ikrar (cakepp), gue tiap bulan minimal mau jalan (ke tempat baru yang belum pernah gue kenal) sekali dalam sebulan. Tujuannya? Untuk lebih mengenal sesuatu yang baru, melingkupi semua yang berada di sana, baik itu daerah, kultur budaya, orang-orangnya, makanan, atau apapun. Mengenal sesuatu yang baru itu asik, menyenangkan dan menantang (biarpun menggali hati kamu pun ternyata lebih menantang dan seru dibandingkan apapun juga *eaaaa). Di luar dari pada itu, gue pun ingin melihat seperti apa alam semesta ciptaanNya yang bisa gue jamah semampu gue.


Ketika lo punya niat dan tujuan yang jelas, dibarengi dengan usaha yang kuat, pasti deh, selalu ada saja jalannya yang bisa lo ambil. Mau itu perjalanan dengan budget murah atau mahal. Mau itu repot atau praktis. Gue misalnya, ada dua kejadian menarik yang gue alami terkait ikrar gue, "minimal jalan sebulan sekali":


Di bulan Ramadhan kemaren (Juli), gue bingung mau jalan-jalan ke mana. Rencana buka bareng gagal. Terus di tengah-tengah kebingungan, manajer kantor gue menyapa dan menawarkan pekerjaan, "Vie, aku ada klien di Batam, masuk minggu depan. Kira-kira kamu bisa bantu gak?", Itu mah langsung sumringahhhh gueee!! Akhirnya gimana? Gue jalan-jalan ke Batam (dinas) seminggu.


Atau satu lagi, rencana gue mau ngisi liburan dengan melihat-lihat kompleks perumahaan di Bogor di bulan Agustus kemarin, akhirnya menjadi lihat-lihat PLUS maen Curug Seribu. Semuanya mengalir begitu saja. Tapi ada ACTION yang memang gue lakukan untuk men-trigger kejadian yang memang bisa gue ambil. Dua-tiga pulau terlampaui deh, hehehe.

Hoki banget lo, vie? 

Well, guys, kalau kita meyakini sesuatu dan jelas tujuannya, alam pun akan bantu menarik semuanya ke lingkaran yang bisa lo gapai (bahasa gue The Law of Attraction abis lah ya). Ketika semua sudah ada di dekat lo, balik lagi ke diri lo lagi, balik lagi ke NIAT awal lo, "lo bener mau lakuin? lo bener mau JALAN?", pikir mateng-mateng dengan informasi yang cukup. Karena di setiap pilihan ada konsekuensi. Ada resiko yang melipir di belakangnya. Tapi jangan terlalu takut juga, gak kemana-mana dan cuma bisa gigit jari liat google picture.


Jadi, di tengah kepusingan gue saat ini dengan pekerjaan gue, rencana gue weekend ini untuk ke Baduy pun masih terngiang. Gue harus mempersiapkan diri. Minimal jangan sampai drop kesehatan gue. How about you? :D


Reblogged dari www.backpackerauditor.com

5 komentar: Leave Your Comments

  1. Kalo cowok seh lebih gak takut soal keamanan ya. Gw cewek seneng jalan, tapi gak ada temen yg suka jalan juga. Jadi mau kemana-mana bawaannya takut soal kemanan. Ujung2nya udh direncanain mateng2 selalu gak jadi. Trus galau deh gak tau kapan rencana2 yg udh gw bikin bisa gw lakuin. Ada tips gak Vie?

    BalasHapus
  2. Kalau saya suka ada tapinya, niat sudah ada TAPI Gak punya uang,, hehee

    BalasHapus
  3. Intinya butuh perencanaan yang bener-bener mateng ya bro.

    BalasHapus
  4. Kalo kebanyakan mikir pasti ga jadi :D haha kaya acara kumpul sama temen lama atau reuni gitu la hehe

    BalasHapus
  5. pinjaman! pinjaman!! pinjaman!!!
    Apakah Anda mencari perusahaan pinjaman swasta terkemuka dan terakreditasi yang memberikan pinjaman untuk kesempatan seumur hidup. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dengan cara yang sangat cepat dan mudah, pinjaman pribadi, pinjaman mobil, pinjaman hipotek, pinjaman mahasiswa, pinjaman usaha, pinjaman investasi, konsolidasi hutang dan banyak lagi. Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Jangan terlihat seperti kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada perorangan dan perusahaan yang membutuhkan bantuan keuangan dengan tarif 2%. Tidak ada nomor jaminan sosial yang dibutuhkan dan tidak diperlukan pemeriksaan kredit, 100% dijamin. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang andal dan suportif dan kami akan dengan senang hati menawarkan pinjaman kepada Anda.
    Kemudian kirimkan email ke: (victoriaemmanuelloan@gmail.com) untuk mengajukan pinjaman

    BalasHapus