WHAT'S NEW?
Loading...

TPA Al-Ikhlas, Sisi Lain Dari Pulau Sebesi

Berwisata ke kompleks gunung Krakatau. Petualang yang penuh aneka ragam. Kamu bisa memulai petualangan ke pantai pasir hitam pulau anak Krakatau, melakukan attack ke zona aman pendakiannya, dan menelusuri pulau-pulau cantik lainnya sambil bermain snorkling melihat pemandangan biota laut dan terumbu karang. 
Setelah memutari bagian selatan Pulau Sebesi, kepulauan Krakatau terlihat jelas dari kejauhan. Pemandangan yang indah. Apalagi kalau kita mau berjalan sedikit di pesisir pantai, kita bisa melihat Pulau Umang dari sisi pantai Pulau Sebesi. 
Namun jika kita berjalan sedikit ke dalam satu pulau di mana mayoritas orang tinggal di sana, pulau Sebesi, disana terdapat suatu TPA ( Tempat Pengajian Anak), pengajian ini diadakan di musholah Al-Ikhlas. Disana ada sekitar 122 anak yang aktif mengaji setiap malamnya kecuali malam Jum'at. Yang lebih luar biasanya lagi, anak-anak sebanyak itu diajar hanya oleh dua orang yang secara suka rela menjadi tenaga pengajar!
Kondisi belajar mengaji di sana bisa dibilang cukup meprihatinkan. Listrik di desa yang tidak stabil mengakibatkan pemadaman bergilir di setiap dusun. Malam ketika kami mengobrol dengan Mas Irul, salah satu tenaga pengajar TPA tersebut, genset desa pun sedang bermasalah, sehingga listrik tidak mengalir sehingga kelas mengajar pun terpaksa ditiadakan. Dan lagi, dihadapi dengan keterbatasan buku-buku pembelajaran agama seperti Al-qur'an, IQRO, dan papan tulis yang ala kadarnya, membuat kita yang melihat kondisi tersebut menjadi iba, sedih, dan malu karena mereka yang biarpun dalam kondisi yang kurang memadai tersebut tetap bertahan untuk belajar. Ya, terlihat dari wajah anak-anak TPA tersebut kalau mereka memiliki semangat yang tinggi untuk belajar.
Untuk kalian yang ingin berpetualang ke Kompleks Gunung Krakatau, cobalah untuk menepi dan berkeliling ringan ke daerah penduduk di Pulau Sebesi. Dan coba pikirkan, apa yang bisa kalian lakukan untuk membuat perjalanan kalian bukan hanya sekedar perjalanan tapi lebih dari sekedar jalan-jalan
Baiknya pikirkan dari sekarang. Karena toh, tidak ada salah nya jika kita sedikit menyisihkan jatah oleh-oleh saat traveling untuk hal-hal seperti ini. 
"Berbagi itu indah, Berbagi itu Kebahagian ^^
 
 
Lewat tulisan ini juga kami mau mengucapkan terima kasih. Dari sisihan dari teman-teman Backpacker Koprol yang kita kumpulkan dalam uang kas, kita menyumbangkan sebagian rezeki kita kepada TPA Al-Ikhlas ini :)
Informasi sampai saat ini, TPA di Musholah Al- Ikhlas masih membutuhkan Bahan Material pengkajian berupa Al-Qur'an, Iqro dan papan tulis. Bagi yang mau membantu dan berbagi bisa menghubungi kami :)
Rencana masih pengen juga memberikan IQRA kepada mereka. Buat yang mau ikutan nyumbang (uang atau iqra), boleh colek saya di SMS/Whatsapp 08129251920/BB: 22E1C030 :)
Tulisan ini dibuat oleh Vita Lestari dan Alvie Deliana

1 komentar: Leave Your Comments

  1. Berbagi itu bikin hepi :)
    Kalau menurut saya mending sumbangan berupa uang, klo berupa barang langsung yg nyumbang harus kirim dulu dll. klo uang kan yg koordinator bisa beli nanti di sana.

    Eh saya gak ikut nyumbang banyak omong :(

    BalasHapus