WHAT'S NEW?
Loading...

Berburu Keceriaan di Pulau Harapan

April 2013, 26 teman-teman Backpacker Koprol escape ke Pulau Harapan. Kompleks Pulau Harapan, satu dari pulau wisata yang berada di Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia, ternyata memiliki pesona alam yang luar biasa. Tidaklah mengherankan apabila pulau ini menjadi sasaran lain pemburu liburan yang ingin membunuh kejenuhannya setelah menghabiskan weekdays di atas meja kerja bersama tumpukan kertas kerja. Mengapa saya katakan sasaran lain? Karena biasanya orang-orang yang mendengar kata "Kepulauan Seribu" akan lebih ingat dan kenal dengan "Pulau Tidung" atau "Pulau Pramuka". Namun jangan salah, tempat ini tidak kalah seru dibandingkan kedua pulau tersebut.



Melalui tulisan ini, Backpacker Koprol akan bercerita apa saja yang bisa diburu dari Pulau Harapan. Siapkan diri, wahai Weekend Trip hunters!


Low Cost Trip Hunter

Wisata ke Pulau Harapan bisa dikategorikan wisata weekend yang murah, namun tidak murahan. Penyeberangan ke pulau tersebut biasanya bisa dilakukan dari Pelabuhan Muara Angke, Ancol dengan menggunakan ojek kapal. Ojek kapal, adalah sebutan untuk kapal yang mengangkut penumpang dari Pelabuhan Muara Angke menuju Pulau Harapan. Harga yang dibebankan untuk satu orang penumpang adalah Rp 30.000 untuk satu kali bepergian, untuk lama waktu  biasanya 3 jam. Untuk mereka yang berkocek tebal, bisa menggunakan speed boat dengan bayaran Rp 200.000 per orang. 




Beach Hunter

Pemandangan biru nan jernih adalah hal pertama yang bisa kita nikmati begitu kita sampai di dermaga Pulau Harapan. Laut dan langit seakan berlomba di depan kedua mata kita, tak mau mengalah untuk menunjukkan kemolekannya masing-masing. Paduan angin pantai dan desiran ombak menimbulkan suara yang merdu di telinga, seakan menjadi soneta penyambut kedatangan kita di pulau ini. Begitu menjejak dermaga dan melihat ke perairan, kita akan dapati pemandangan laut yang bersih transparan dengan rombongan ikan-ikan kecil yang bergerak acak.




Snorkling Hunter

Berenang sambil menikmati pemandangan biota laut, adalah satu hal lain yang bisa kita lakukan di sini. Ya, biasanya dengan menggunakan kapal kecil, banyak yang akan mengantarkan kita snorkling untuk mencari tempat (Pulau Bira, Pulau Macan, Pulau Matahari, Pulau Bulat, Pulau Magaran, dan pulau lain di sekitarnya) dengan penghuni bawah laut yang menawan. Kalau sudah sampai di titik tujuan snorkling, coba minta makanan ikan kepada guide pengantar, dan saksikan pemandangan seperti ini tepat di depan mata kalian!




White Sand Hunter

Melepas kepenatan dan menghabiskan waktu bersama teman-teman dengan pasir putih dan guyuran air laut yang asin. Bahagia itu sederhana'kan? Tidak hanya Pulau Pramuka yang memiliki gugusan pulau dengan pantai pasir putih, Pulau Harapan pun demikian. Bermain di sebuah pulau kecil berpasir putih menjadi satu agenda utama yang wajib dilakoni setelah ber-snorkling ria.




Sunset and Sunrise Hunter

Buat para pecinta matahari, ada dua agenda yang bisa kalian lakukan di sini; mengejar sunset dan sunrise. Selepas bermain air di pantai dan menikmati biota laut, sambil berjalan pulang membelah laut, dari kapal kita bisa menikmati sang raja siang yang bergerak turun. Baiknya bicarakan dengan guide kapal untuk memilah waktu dan tempat untuk menikmati sunset.

Bangun shubuh adalah hal wajib yang perlu dilakukan ketika berada di pulau ini. Mengapa tidak? Akan menjadi hal yang sangat sia-sia kalau melepaskan momen-momen emas untuk menikmati terbitnya matahari dari tempat ini. Jalan pagi mengelilingi pulau sambil mencari titik paling "pewe" untuk menikmati matahari. Bercengkrama dengan batuan karang pesisir pantai, mendengarkan melodi ombak pagi, sambil menikmati "early breakfast", Golden Sunrise yang menyembul di antara kumpulan awan putih.



MTTP Hunter

MTTP atau More Than Traveling Point adalah satu bentuk aksi positif dari Backpacker Koprol terhadap lingkungan sekitar yang bisa dilakukan ketika kita berjalan-jalan. Apa hal positif lain yang bisa kita lakukan di Pulau Harapan? Yang mungkin "sekalian" bisa kita lakukan ketika bermain di sini?

Mungkin banyak yang tidak terlalu menyadari, tapi di sini, banyak sekali jejeran pohon mangrove di sekitar Pulau Harapan. Kita bisa mengenal lebih dalam lagi dengan tanaman yang memiliki banyak fungsi yang bermanfaat ini; menjaga garis pantai, melindungi dari erosi, kawasan pengembang biakan biota laut, dan masih banyak lagi. Di salah satu pesisir Pulau Harapan, teman-teman Backpacker Koprol melakukan aksi MTTP dengan mengenal dan melakukan penanaman benih mangrove dengan bimbingan dari warga.


Photo Hunter

Buat para photographer, baik yang profesional maupun yang nubie, Pulau Harapan memiliki banyak titik poto yang menggoda dan menarik. Berjalan di sekitar dermaga sambil mencoba menikmati beberapa jajanan pun bisa jadi menemukan ilham tempat untuk membidik.


Fun Moment Hunter

Fun Moment. Ya, tentu saja! Inilah hal yang tentunya jangan sampai ketinggalan dari segudang rencana yang ada. Banyak teman-teman Backpacker Koprol yang baru bergabung. Kami berkenalan satu sama lain, tertawa riuh di atas ojek kapal sambil bermandikan panas matahari, berenang bersama ketika snorkling, narsis bersama ketika kamera underwater dibidik, bercanda ria dengan cerita dan tebak-tebakan yang mengocok perut, menyantap barbeque bersama di bawah pijar rembulan. 


Tidaklah menjadi hal yang sia-sia pengalaman seru bersama teman-teman ketika escape ke Pulau Harpaan, namun menjadi kenangan indah yang tentunya ingin sekali terulang kembali.




Satu bait lagu dari lagu Iwan Fals, "Mata Indah Bola Ping Pong", dengan lirik yang sedikit diubah, rasanya cocok untuk menutup cerita ini:

Harapan indah bola ping pong
Masihkah kau kosong
Bolehkah aku membelai
Pulaumu yang aduhai



Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog "Enjoy Jakarta" Viva Log





*ping pong pictures by Abdul Gofur

11 komentar: Leave Your Comments

  1. aku ra diajak hikz...hikz...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Next milu yoo.. awas yen ora :))

      Hapus
    2. mari gabung, kita selalu menginformasikan setiap event yang akan kita lakukan kok :)

      Hapus
  2. warna birunya menyejukkan mata, warna orangenya menghangatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi mau ke harapan atau pramuka ia?

      Hapus
    2. sepakat..

      golden sunrise, dengan sinar jingga memberikan nuansa hangat yang merasuk, memeluk tubuh dengan pancaran penuh hangat

      air lautnya yang berwarna biru jernih, memberikan pesona nyaman dan sejuk, pengen banget deh yang namanya loncat begitu sampai di dermaga Harapan

      bola ping pong, ahhh, bola ping pong, cuma bang Gofur yang bisa menjelaskan nilai filosofi akan benda ini hehe

      Hapus
  3. Wkwkwkwk... itu sebait lagu bikin ngakak....

    BalasHapus
  4. Info sewa kapal untuk snorkeling dong, berapa kira2 di harapan?

    BalasHapus
  5. aku belum pernah nyamperin satu pulau pun di kep seribu == apalagi pulau harapan ini,, ada planning mau menginjakkan kaki satu persatu di kep seribu deh nanti :D mumpung udah stay di jakarta :)

    BalasHapus
  6. aaaaaaarrrhhh baru tau ternyata ada Pulau Harapan ya? maklum jarang travelling padahal aslinya suka jalan2, jlebbbb..
    itu bagus bgt pemandangannya? ternyata masih bagian dari Pulau Seribu, kereeeeen
    cucok buat foto2 nih :)
    bola pingpongnya oh bola pingpog :)

    BalasHapus
  7. kenapa dengan bola pimpong ya? selalu menjadi objek fhoto, hehe

    BalasHapus