WHAT'S NEW?
Loading...

No Friends = No Trip ??

“Wah,  bulan depan jatah cuti kantor gw hangus! Padahal masih sisa 10 hari!
E Busyeett!! Gw mau jalan-jalan, ngabisin jatah cuti. Eh tapi ke mana ya?”, 

Demikian kiranya kegalauan suara hati Adel, laki-laki yang tahun ini genap berulang tahun perak dan bekerja di salah satu kantor akuntan publik. Terang saja bingung, tahun kerja 2012 akan segera berakhir dan berganti dengan periode baru, 2013, dan jongos teladan (baca: keras bekerja) ini masih punya banyak jatah cuti yang harus digunakan, sebelum akhirnya mereka semua hangus, lenyap lebih dari sekadar butiran debu. Dengan hebohnya dia buka internet, googling ke sana kemari, mencari-cari trip perjalanan yang ditawarkan oleh para organizer. “Ah! Green Canyon, ada paket 3D2N harga 500rebuan! Lumayan murah nih, udah lama juga gw pengen ke sini. Sensasi bodyrafting yang menantang, pemandangan hijau menyejukkan, dan rasa penasaran untuk lompat dari batu jamur setinggi 7 meter. Merindinggggg gww!!”, Adel larut dalam imajinasinya, membayangkan serunya petualangan yang akan dia alami. 
  
“Ajakin temen-temen ahh, biar rame! 
Makin banyak orangnya, makin asikk perjalanannya!!”

Dan mulailah dia bergerilya, mengajak teman-teman kantor, kuliah, sekolahannya untuk bersama-sama bermain di primadona wisata pesisir Selatan Jawa Barat itu. SMS, BBM, sampai messenger kantor pun tak luput dia gunakan, serada mirip semangat orang yang baru terjun dunia MLM. Namun, gayung tak bersambut baik. Dari sekian banyak orang yang dia kenal, target 10 orang yang ingin dia kumpulkan, hanya 3 orang yang berminat, itupun pun mereka masih mengucap ragu, tidak janji bahwa akan benar-benar ikut pada perjalanan yang dia ajak tersebut. Dia harus bisa menerima penolakan dari teman-temannya dengan alasan kesibukan, finansial, dan memiliki agenda lain yang harus dikerjakan. Tidak ada akhir cerita dari trip Greencanyon yang diidamkan oleh Adel. Mimpinya untuk bodyrafting di GreenCanyon masih tergantung dalam tidurnya.

Well, adakah dari kalian yang memiliki cerita sama seperti seperti Adel? 
Di mana hasrat terpendam dirinya untuk pergi berpetualang harus pupus di tengah jalan karena gak punya teman yang bisa pergi nemenin dia. Kurang jelas?? 

GAK ADA TEMEN BUAT DIAJAK JALAN!!!
(monggo yang merasa kalau dirinya tersindir oleh kalimat ini, bisa berkomentar di artikel ini, hahaha)

Apa yang menimpa Adel bukanlah hal baru dalam dunia persilatan ini dan sudah banyak terjadi di antara kita. Gw yakin, masih banyak Adel-Adel lain di luar sana yang meratapi nasib serupa. Cuma bisa gigit jari ngeliat  gambar – gambar tempat parisiwata google picture, nangis Bombay mupeng pas liat keindahan alam Semeru di film 5cm, dan mulai membangun mimpi yang indah ketika membaca novel traveler dengan mata berbinar dan berdecak kagum, namun padam pada akhirnya ketika buku tersebut selesai dibaca.  Semua karena masalah yang sama, “gak ada temen jalan.
(hayoo sapa lagi yang ngerasa, mending ngaku dan curhat di baris komentar deh, huahahaaa)

Selalu ada sesuatu yang kita harapkan dari teman-teman kita sekarang:

“Kalau gw bareng temen2 gw, jalan-jalan bakal lebih asyik, lebih rame, dan kita punya cerita baru!”
“Bareng sama dia, tentunya gw ngerasa aman dong di tempat yang asing, gak pernah gw kenal sebelumnya”

Berusaha menghindari perjalanan sepi tanpa obrolan, seakan dirinya jomblo seumur hidup. Atau membunuh rasa takut dan was-was dari sejuta pikiran negatif yang ada di kepalanya dengan kehadiran orang-orang yang dikenalnya yang menimbulkan sensasi nyaman dan aman di dalam hati. Tidak salah, hal ini manusiawi, masalah klasik yang wajar terjadi di antara manusia yang hidup di zaman modern saat ini yang sudah terjangkit virus individualis dan semangat berkelompok.

Dan do you know, guys? Ada obat untuk kekhawatiran yang kalian hadapi tersebut. Yes! Cari temen jalan baru! Why not?? Mencari dan mengenal orang di luar hidup kita sehari-hari yang memiliki passion dan hobi yang sama di lingkungan yang baru. Hal tersebut bukanlah sesuatu yang haram, dosa, atau bikin nyawa lu berkurang setengah dekade. Justru yang namanya menyambung silahturahmi, diyakini bisa memperpanjang usia hidup lo.

Kalau lo gak ngerti gimana cara memulai pembicaraan? Gugup? Menn… Puh-liss! Inget-inget deh, waktu jaman lo bocah SD ingusan, gw yakin, lo semua udah pernah belajar, minimal, mengenalkan diri di depan kelas. Inget step-step-nya? Bangun dari tempat duduk, jalan kikuk ke depan kelas, berputar sambil menunduk, dan berdiri menghadap teman-teman baru kalian, perlahan dagu lo naek sampai posisi di mana si kepala tegap dengan mata menghadap teman-teman SD lo, “Nama saya Budi. Saya anak Bapak Hambudi, Rumah saya di Jl. Ahmad Royadi 6. Hobi saya bermain judi. Salam kenal semua!”. Inget? Masih gak Inget?

Gw yakin, pastinya ada rasa takut untuk memulai sesuatu yang baru dalam hidup kita. Tapi kalau kita gak bisa overcome hal tersebut, mimpi kita gak akan pernah ada yang terealisasi. Hal tersebut berlaku buat mereka yang pengen jalan-jalan tapi gak punya temen jalan. Lo gak akan pernah menyangka kalau ternyata orang baru yang lo kenal yang jadi temen jalan ternyata punya hobi lain yang sama dengan lo; ngerakit gundam model kit, sama-sama demen motor vespa, doyan body shopping, atau bahkan, pasangan hidup yang emang udah Tuhan siapin buat lo (Doa gw buat mereka semua yang berharap segera dapat pasangan hidup. Amin).

Dan apa yang ada di hadapan kalian saat ini, Backpacker Koprol, memiliki alasan yang sama dari sekian banyak alasan yang ada kenapa dia ini berdiri, “mencari temen jalan untuk koprol bersama ke tempat yang ingin dituju”. Komunitas ini dimulai dari sejumput individu yang tidak saling mengenal, yang akhirnya bertemu, bertukar nama, dan ternyata memiliki keinginan yang sama, “jalan-jalan” (eh ini maksudnya bukan promosi loh, ini purely curhat, haha). 

Lo harus tahu rasanya gimana yang namanya egoisme pribadi dan pemikiran “my own world” lo melebur menjadi satu suara riuh penuh canda tawa ketika bersnorkling di antara keindahan terumbu karang Lagoon Cabe bersama orang-orang yang baru lo kenal dan bahkan minta di foto-in di dalam air (Lancang? Kagaaakkk) atau bertukar pengalaman perjalanan yang dialami di Banten ketika berkumpul makan bersama satu nampan di atas daun pisang yang lebar sambil rebutan dada ayam. Kalau lo udah bisa rasain nikmatnya rasa itu, lo pasti nagih, pengen lagi ngerasain sensasi yang sama, baik dengan orang yang udah lo kenal, atau pun temen jalan lo yang baru!

Berhenti baca sebentar deh. Coba pejamkan mata dan bayangkan semua suasana dan rasa yang bisa lo dapatkan. 5-10 detik ajaa~!
......

Ngobrol ngalur ngidul di bawah pohon, bareng temen jalan baru
Berdebar bersama ketika lompat bareng temen jalan di Jembatan Cinta
Makan bareng temen jalan baru satu daun pisang, gak ada lagi perbedaan
......

That’s all, guys! Gw harap cerita singkat ini menginspirasi lo semua buat berani melangkah dan pergi berpetualang bersama teman baru. Kita semua yang ada di sini pun bakal welcome banget buat jadi temen jalan lo, apalagi kalau lo punya keinginan buat traveling, dengan misi positif “More Than Traveling!”.

P.S:
Gw  masih berharap cerita Adel yang pengen banget ke Green Canyon bisa berlanjut dan berakhir bahagia. Amin :’)

32 komentar: Leave Your Comments

  1. nice share alvie... hahahha.. but anyway klo hobi kita bener2 jalan we will do anything to get there.. aku pernah solo trip alias jalan sendirian.. but in the end di perjalanan kita jadi banyak mengenal orang lohhhh.. so if u do love travelling,, then go.. salah satunya dengan gabung ke komunitas2 kaya alvie punya ni..
    do what u love n love what u do..
    Hidup Travelersss.. MERDEKA!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Gina komentarnya~
      Gak banyak orang-orang kayak kamu loh, perempuan, berani buat solo trip, jauh lagi. Siap dengan resikonya dan ternyata buah yang dipetiknya manis banget

      Komunitas ini salah satu opsi yang gw (dan kawan2) tawarkan buat mereka yang "ragu" jalan sendirian. Bukan sebuah keharusan. Mau jalan sendiri monggo, mau bareng monggo :)

      "Jangan sampai karena alasan kondisi lingkungan, teman, dan sbg, bikin kita diam dan berhenti berjalan. Big NO"

      Hapus
  2. Gue? kesindir nggak ya? syalalala.. hahaha. gak penting kesindir ato gaknya sih, karena gue bisa jalan sendiri, bisa juga gabung sama orang baru. asik-asik ajah! tapi yang suka banget bagian doa pasangan hidup itu loh. #eaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya doa pasangan idup itu di-amin-kan sama semua kaum jomblo yang membaca tulisan ini yah? wkwk

      Hapus
  3. like thissss...
    Gue juga sering nih bernasip sama kaya si 'adel'. alhasil semua rencana BATAL!
    seru banget pasti bisa ketemu dan jalan-jalan sama orang-orang baru, tapi gw suka bingung gimana bisa nemuin orang yg senasip kayak gini. hhe
    anyway thx yah sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahhh, ada yang ngaku satu kan? cateet~
      Salam kenal, Fira

      Jangan salah lho, banyak Adel-Adel yang lain di temen-temen Backpacker Koprol, boleh deh coba gabung maen sama kita sesekali. dan si Adel yang di maksud di cerita juga based on true story, bahahaaa

      Hapus
    2. Naah, sini sini mba Elfira, nanti di ajarin berabaur sama orang baru. intinya jadilah; nggak tau malu!! hehehe

      Hapus
    3. Hahaa, emang gimana caranya gabung?
      Sharing dikit dong ttg backpacker koprol.

      Hapus
    4. nggak ada syarat khusus, masuk grup facebook yuk sharing disana. Ini link-nya http://www.facebook.com/groups/team2GMT3/

      jangan lupa juga follow twitter @BPKoprol, mention ajah nanti di folbek ;)

      Hapus
    5. Sedikit banyak cerita tentang apa dan bagaimana Backpacker Koprol ada di sini :
      http://backpackerkoprol.blogspot.com/p/about-us.html

      Cara gabung gak pake pushup atau lari keliling Indonesia dulu kok, atau kamu harus ngumpulin tanda tangan dari 20 anggota Backpacker Koprol hahaha *berasa jaman ospek klo gitu mah

      Kalau ada usul mau ke mana, bisa juga kok cari temen jalan di sana. Backpacker Koprol juga punya trip yang ditawarkan sama temen-temen. Biasanya kita usahain punya MTTP, More Than Traveling Point. Yang membuat jalan2 kita lebih dari sekedar jalan-jalan semata, tapi juga ada nilai lebih buat peserta atau lingkungan yang kita datangi :)

      Hapus
    6. Hahaa, okee udah fira folow yahh, semoga ada kesempatan buat jalan jaln bareng backpacker koprol.
      Makasih banyak yaaaaaa :-)

      Hapus
    7. Aye~! Yuk kalau memang bisa, kita jalan bareng, klo gak bisa jalan bareng temen2 Fira ajah. Klo gak bisa juga, cobain Fira jalan sendiri, hehee

      Hapus
  4. Sy banget tuh :p thanks ya share'a b'manfaat banget deh ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Nida sih bukan No Friends = No Trip!, tapi No Vicky = No way! hahaha...

      Hapus
    2. Itu slah 1'a mba hihihi tp sjak knal mba nurul dunia sy jd b'ubah haha

      Hapus
    3. eaa.. hahaha kayak judul lagu, kau mengalihkan duniaku :p hidup backpacker \m/ hahaha

      Hapus
    4. Hehehe, makasih Nida udah komen.. *catet ada lagi Adel ke-2

      semoga cerita di atas bisa jadi inspirasi dan Adel yang gagal jalan karena masalah yang sama jadi berkurang. hehe

      Hapus
  5. setuju sama Hot Mom :). mau jalan sendiri ato rame asik2 ajah.
    klo sayah punya prinsip everywhere is my home and everyone is my family.
    yang penting ada waktu dan cukup uang, lagi pengen kemana ajah, jadi!
    yakinlah dimana2 pasti ada orang baik yang mau nampung kita. hohoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. fufufufu.. nanti ke Medan mau ditampung dan dijamu abis-abisan sama Damay.. :p

      Hapus
    2. haduh ini yang komen perempuan2 sakti semua haha.
      hayo semoga kalian semua pada sukses traveling kemana pun kapan pun!! XD

      Hapus
  6. bnr bangeeeet...gw sng travelling, tp ska ga ad tmn jln ya.. hiksss... akhr maret ini long weekend,rncna mau ke sawarna pun gagal, krn sx lg GA ADA TMN JLN nya!! hikssss...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali Adel berikutnya curhat, hahaha. *pukpuk lachan, semoga ke depan kamu bisa balas dendam dan jalan2 sepuas hati

      sekarang udah harga mati saya "gak ada temen = gak jalan = gak mungkin" :p | Cewek2 di @bpkoprol juga pada jagoan semua ini, hahahaa. Jagoan dalam arti berani jalan juga dan orangnya baik2. :)

      Hapus
  7. baru aja menghanguskan cuti kantor karena ga ada temen jalan..
    worst case is malah lembur ngerjain kerjaan.. *yepp!!on my off day!!*
    double cranky!!

    sebuah tamparan yang sangat gw butuhkan. bw berani mendobrak zona yg familiar bw gw..
    thanks for d article!

    2013 gw bakal travelling walo cuma sndiri.

    please update kalo ada trip baru yaa.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo makasih sudah mampir yaa..
      next trip terdekat kita mau ke Pulau Bira & Pulau harapan. ikut yuuk.. tanggal 27-28 April ;)

      Hapus
    2. sini gw tampar, jangan nagih ya tapi huehehee

      Hapus
  8. anjriiitt .. ngena' bangeett brooww .. ^^

    pengen ke suatu tempat nih bertema pegunungan. pegunungan mana aja deh . Semeru, Sindoro, sumbing, selamet atau apaalah.
    buat mengisi liburan panjang tggl 18 Juni - 10 juli.
    ada rencana gak bro.. ? ajak" yahh . bisa hubungin gw di 087877190671 thx. gak takut masang nomor telpon karna pengen banyak temen buat jalan" :D hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasih alamat email sini, vita..
      cek juga fanpage nya backpacker koprol atau twitter @bpkoprol

      main bareng yuk hohoho

      Hapus
  9. wah mantep deh insyaAllah saya tak ajak jalan temen

    BalasHapus
  10. halo salam kenal, aku Irma
    aku adel yg ke berapa yaa...soalnya uda putus asa nih cari temen nge trip ga dapet dapet hiks....

    BalasHapus
  11. Adakah yg ke lombok sekitar 19-23 oktober 2016 ini? Email saya di rizkarachmaniar@gmail.com

    Jgn lupa juga kunjungi www.bonvoyagebyrizkarc.wordpress com

    BalasHapus
  12. Adakah yg ke lombok sekitar 19-23 oktober 2016 ini? Email saya di rizkarachmaniar@gmail.com

    Jgn lupa juga kunjungi www.bonvoyagebyrizkarc.wordpress com

    BalasHapus