WHAT'S NEW?
Loading...

Mencicipi Nasi Bakar Sumsum Puri

Siapa yang tidak kenal dengan jajanan khas Banten yang sangat terkenal karena masuk dalam cerita novel "Balada Si Roy" karya Gol A Gong, dan sudah pernah beberapa kali masuk TV dalam acara kulinernya Bondan Winarno yang maknyus dan juga si Benu Bulue yang unyu.

Konon, Nasi Bakar Sumsum Puri ini adalah resep warisan turun temurun keluarga sejak tahun 1941. Dan dinamakan Puri karena pemilik awalnya bernama Mang Puri. Dan hingga kini, proses pembuatannya masih menggunakan cara tradisional tanpa menggunakan alat-alat modern. Contohnya, untuk mengolah bumbu tetap menggunakan alat tumbuk tradisional, bukan dengan blender. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga cita rasa alami agar tidak berubah, dan tetap seperti aslinya meski sudah bebeda generasi, dan yang berjualan Nasi Bakar Sumsum Puri saat ini sudah merupakan generasi ketiga.

Tempat berjualannya pun tetap seperti pada awalnya dengan gaya warung tenda, dan di lokasi yang sama sejak pertama mulai berjualan pada tahun 1941,  yaitu  di  Jalan  T.B. Buang, Pasar Lama, Serang.

Seperti namanya, Nasi Bakar Sumsum adalah kuliner dengan nasi sebagai bahan utamanya, ditumis dengan bumbu-bumbu dan ditambahkan sumsum sapi/kerbau. Kemudian dibungkus dengan daun pisang, dan dibakar hingga matang atau beraroma harum. Disajikan dengan irisan mentimun dan tomat, dilengkapi sambal kacang. Kuliner asli Banten ini hanya buka pada malam hari mulai pukul 6 sore. Biasaya akan tutup pada tengah malam atau jika nasi bakar sumsum habis lebih cepat.

Jika memesan satu porsi nasi sumsum, pengunjung akan mendapat 2 bungkus ukuran kecil dengan harga hanya 12.000 rupiah saja. Jika digabungkan, 2 bungkus nasi bakar sumsum ukurannya sama dengan satu piring nasi yang cukup untuk membuat perut lapar menjadi kenyang. Jenis nasi bakar sumsum yang ditawarkan juga bervariasi, ada nasi bakar sumsum biasa, ada juga nasi bakar sumsum yang dikombinasi dengan sosis keju, otak sapi, dan nasi bakar sumsum spesial yang diberi tambahan jeroan/hati sapi.

Selain Nasi Bakar Sumsum sebagai menu utama, warung tenda Nasi Bakar Sumsum Puri ini juga menyediakan menu lainnya yang cocok untuk dijadikan lauk, seperti sate lidah kerbau, sate daging kerbau, dan sate keong. Sambil meunggu pesanan datang, pengunjung bisa mencicipi otak-otak ikan yang tersedia. Otak-otak ikan ini juga merupakan kuliner asli Banten yang terbuat dari daging ikan yang dihaluskan, dicampur dengan tepung tapioka dan diberi bumbu, dibungkus daun pisan dan dibakar. Biasanya disajikan dengan sambal kacang, dan rasanya juga sudah pasti memanjakan lidah dan menggugah selera.

Setelah Nasi Bakar Sumsum Puri terhidang, aroma harumnya akan langsung memenuhi indra penciuman. Dan setiap pengunjung yang mencicipi Nasi bakar Sumsum ini pasti akan merasakan lezatnya saat potongan-potongan sumsum yang bercampur dengan nasi menyentuh lidah. Apalagi ditambah dengan emping sebagai teman makan. Dan akan semakin nikmat jika cuaca sedang rintik-rintik hujan.

Untuk menemukan Nasi Bakar Sumsum Puri memang agak sulit, karena lokasinya terbilang kurang strategis. Jika dari arah Cilegon, sebelum perempatan Royal ada sebuah Rumah Tahan Serang di kanan jalan. Di seberang rumah tahanan tersebut terdapat pertigaan dan berbelok lah ke kiri. Disini terdapat banyak warung tenda yang menawarkan berbagai jenis makanan bagi para pecinta wisata kuliner. Atau jika masih merasa kebingungan, cobalah untuk menghubungi nomor telepon berikut; 0254-7063881 / 081388218329.



7 komentar: Leave Your Comments

  1. Balasan
    1. ayok pulang ke Cilegon, kalo kesana jangan lupa ajak-ajak dan traktir diriku yah :p

      Hapus
  2. Waaa, aku udah pernah coba ini di Serang dan rasanya enak, hihi.
    Salam kenal, btw :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Anggi, share juga yah cerita kuliner yang lain.. biar kena racun buat icip-icip hihihi... Indonesia emang kaya :)

      Hapus
  3. tepatnya dijalan apa yach,saya blh mnt alamat lengapnyaa...thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. di pasar Lama Serang, langsung tanya sm orang sekitar "Nasi Bakar Sumsum Mang Puri" nanti pasti dikasih petunjuk. atau di seberang Rumah Tahanan Serang, ada pertigaan, ambil jalan/gang yang banyak warung tenda, lokasinya disitu. atau hubungi aja langsung no hp yg udah ada di atas itu.

      Hapus
  4. ALAMAT YANG BARU DI JALAN DIPONEGORO SERANG BANTEN, SAMPING KANTOR PLN.DI JAMIN ASLI MANG PURI....KALAU DI TEMPAT LAIN PALSU

    BalasHapus