WHAT'S NEW?
Loading...

7 wonder of Banten (Part.2)

Melanjutkan tulisan "7 wonders of Banten (Part.1)" yang sebelumnya telah diposting pada bagian pertama ada empat destinasi yang dibahas yaitu Situs Sejarah Banten Lama, Taman nasional Ujung Kulon, Pulau sangiang, dan Masyarakat adat baduy dan Cisungsang. Berikut adalah tiga destinasi selanjutnya yang masuk dalam kategori "7 wonders of Banten" versi Backpacker Koprol.

5. Sawarna
Lanskap keindahan alam terselip menghadap Samudera Hindia. Pantainya berpasir putih, berair biru jernih dan dapat berubah-ubah seiring dengan perubahan waktu, serta berbukit hijau nan lebat. Panjang pantainya mencapai 65 km dihiasi karang dan pasir putih. Pantai ini adalah pantai terindah dari lima pantai yang dimiliki Provinsi Banten, sekitar 7 km dari lokasi Pantai Pulau Manuk. Pantai Sawarna berada di sebuah desa pesisir yang memiliki berbagai macam objek wisata menarik untuk dikunjungi seperti pantai, sungai, hutan, panjat tebing, gua, dan agrowisata. 

Di sepanjang pantai, terdapat karang besar yang indah, biasanya dikenal dengan nama Tanjung Layar.  Pengunjung juga dapat merasakan snorkeling untuk menyapa beragam ikan hias dan terumbu karang di Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Layar, Pantai Karang Bokor, Pantai Karang Seupang, Pantai Karang Taraje, dan  Pantai Teluk Legon Pari.  Beberapa Goa disekitar
pantai menambah daya tarik pantai ini, goa yang berbeda ukuran dapat dikunjungi seperti : Goa Lalay, Goa Sikadir, Goa Cimaul, Goa Singalong, dan Bukit Pasir Tangkil. Goa di Sawarna merupakan gua karst (batu gamping) yang terbentuk dari masa Miosen awal. Sawarna dikelilingi oleh lautan, pegunungan, dan persawahan, inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan domestik dan manca negara. Bagi pecinta surfing, Pantai Sawarna merupakan tempat yang cocok, banyak pelancong dari manca negara datang hanya untuk menikmati surfing dengan ombak yang luar biasa besarnya.

6. Gunung Pulosari
Gunung Pulosari yang memiliki ketinggian 1346 Mdpl terletak di Pandeglang-Banten. Pesona alam yang ada di Gunung Pulosari, yaitu Curug Putri (air terjun) dan Kawah Gunung yang mengeluarkan asap belerang. Gunung Pulosari menjadi tujuan yang menyenangkan bagi para pendaki yang ingin melakukan pendakian ringan. Air terjun curug putri merupakan sumber air yang dapat langsung diminum bagi para pendaki, dan menurut penduduk sekitar air terjun curug putri ini merupakan tempat para bidadari turun dari kayangan untuk mandi pada saat ada pelangi setelah hujan. Sementara di kawah belerang para pendaki dapat mendirikan tenda jika ingin menginap. Dikawah belerang pendaki bisa merasakan sensasi merebus air dengan sumber air panas alam.

Disekitar gunung Pulosari, terdapat banyak peninggalan tradisi megalitik yang dapat memberikan gambaran bahwa sebuah peradaban pernah ada di lokasi tersebut. Gejala perkembangan peradaban manusia dari tingkat berburu dan mengumpulkan makanan beralih ke pola kehidupan menetap dengan mata pencaharaian bercocok tanam. Situs-situs tersebut berupa arca, situs batu Goong, situs batu ranjang, situs Cihunjuran (Kerajaan Salakanagara), situs batu Simbol, situs batu Tumbul, pemandian Citaman dan beberapa menhir lainnya.

7. Anyer, Tanjung Lesung, Carita & Pulau Umang
Letak provinsi Banten yang berada di ujung barat pulau Jawa dengan wilayahnya yang mapir 75% berbatasan langsung dengan laut, menjadikan Banten begitu terkenal dengan wisata pantai. Anyer merupakan sebuah desa di kabupaten Serang. Terletak di pesisir pantai menghadap langsung ke selat Sunda dan telah menjadi obyek wisata favorit sejak tahun 1980. Tidak hanya sekedar wisata pantai, Anyer juga bisa menjadi destinasi wisata sejarah, terdapat mercusuar yang dibangun oleh penjajah Belanda, dan didekat mercusuar tersebut ada sebuah prasasti penanda KM.0 jalan raya pertama yang dibangun di pulau Jawa sepanjang 1806 KM, mulai dari Anyer sampai Panarukan. Panorama selat sunda semakin dipercantik dengan latar belakang Gunung Krakatau yang masih aktif dan terus memperbesar diri.

Kabupaten Pandeglang juga memiliki pantai-pantai yang cantik dan populer seperti Tanjung Lesung dan Carita. Tanjung lesung terletak di desa Tanjung Jaya, kecamatan Panimbang. Merupakan daratan yang menjorok ke laut dengan bentuk mengerucut seperti bentuk lubang lesung (alat menumbuk padi tradisional Indonesia). Posisi pantai yang tidak menghadap langsung ke samudera lepas membuat angin dan ombak di pantai ini tidak terlalu besar. Selain berbagai kegiatan pantai seperti berenang atau jetski, memancing juga menjadi kegiatan yang menyenangkan karena banyaknya ikan bermukim di laut Tanjung Lesung. Jika bosan berada di pantai, pengunjung dapat mengunjungi desa wisata yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai pengrajin miniatur badak bercula satu (badak jawa) dan minuman dari daun sirih, atau melihat-lihat kehidupan nelayan di kampung Cipanon.

Sementara Carita merupakan pantai yang juga menghadap selat sunda karena letaknya di kecamatan Labuan, bersebelahan dengan Anyer. Pemandangan lepas selat Sunda dengan latar belakang gunung Anak Krakatau juga menjadi daya tarik pantai Carita. Terdapat dermaga untuk kapal pesiar bagi pengunjung yang ingin berwisata mengunjungi Tanjung Lesung, pantai Ciputih di desa Sumur, atau Taman Nasional Ujung Kulon.

Masih di kabupaten pandeglang, Pulau Umang di Desa Sumur ini merupakan tempat wisata terpopuler Banten yang dibuka sejak tahun 2004. Pulau yang teduh di tengah lautan yang tenang karena terlindung oleh tanjung Ujung Kulon. Pulau umang dengan luas 5 Ha dan telah dibangun fasilitas resort yang lengkap, sangat cocok untuk berbulan madu dengan suana alam yang romantis. Dekat sekali dengan pulau Umang, terdapat pulau kecil tanpa penghuni dan dikelola oleh manajement yang sama dengan pulau Umang. Pulau tersebut bernama pulau Oar. Snorkeling di sekitar pulau Oar adalah kegiatan wajib dan sangat sayang untuk dilewatkan bagi pengunjung pulau Umang.

Sebenarnya banyak sekali destinasi wisata populer di Banten dan menjadi tujuan wisata populer. Ada juga beberapa pengembangan wisata yang nantinya bisa menjadi destinasi pilihan selain wisata alam dan pantai, yaitu berbagai desa wisata seperti pengrajin batik khas Banten, pengrajin gerabah dan desa ramah lingkungan yang lebih dikenal dengan nama desa menara bambu. Maka, datanglah ke Banten dan temukan keindahan-keindahan yang ada di provinsi ini.

Foto by google image

2 komentar: Leave Your Comments

  1. Baru sempet ke sawarna doang, ada rencana ke pulau umang. Moga kesampean deh

    BalasHapus
  2. Teh nurul, ada rferensi ga kl lg suntuk kerja, dan pingin jalan jalan daerah pandeglang yg cuma punya waktu setengah hari? Butuh tempat yg fresh fresh gt.. Pernah ga teh k tmpat yg blm bnyk org tau?

    BalasHapus