WHAT'S NEW?
Loading...

Tips Snorkeling Asik


Indonesia memiliki taman laut yang sangat indah, di beberapa daerah di Indonesia bahkan terkenal sampai ke seluruh dunia dan menjadi destinasi favorit bahkan wajib bagi para pecinta diving, seperti Bunaken dan Raja Ampat. Bagi yang tidak bisa menyelam, snorkeling bisa menjadi pilihan yang mudah dan murah. Snorkeling adalah kegiatan menyelam dangkal yaitu hanya di permukaan, dan bahkan kegiatan snorkeling juga bisa dilakukan oleh orang yang tidak bisa berenang sekalipun, dengan menggunakan bantuan life jacket (pelampung).

Foto by. Fraidy (Snorkeling di pulau Sebuku, sekitar gunung anak Krakatau)

Akan tetapi meskipun snorkeling tidak membutuhkan keahlian khusus, persiapan yang kurang matang akan mengganggu kegiatan snorkeling. Yuk coba simak tips dan trik snorkeling berikut; 

1. Gunakan masker yang pas
Masker adalah pelindung mata yang wajib digunakan ketika snorkeling. Agar tidak menganggu selama menyelam, pilihlah masker yang pas dan tidak bocor. Untuk mengetahui masker bocor

atau tidak, Anda bisa menempelkan masker ke wajah tanpa mengikat talinya ke kepala dan tahan napas. Bila tidak copot, maka dapat dipastikan masker tidak bocor ketika dipakai menyelam. 

2. Cegah masker dari embun
Hal yang paling umum terjadi ketika menyelam adalah fogging atau masker yang berembun. Anda bisa mengoleskan pasta gigi atau shampo bayi ke kaca bagian dalam masker untuk mencegah fogging. Biarkan pasta gigi atau shampo bayi menempel pada masker dan bilas dengan air laut sesaat sebelum digunakan untuk menyelam.

3. Pilih fin yang pas dengan ukuran kaki
Fin atau sepatu katak adalah salah satu perlengkapan penting saat snorkeling untuk membantu pergerakan kaki. Fin yang tidak sesuai dengan ukuran kaki tentu sangat mengganggu ketika berenang. Oleh karena itu, pilihlah fin yang pas dengan ukuran kaki.

4. Latihan bernafas dengan snorkel
Snorkel adalah pipa yang khusus digunakan untuk bernafas ketika bersnorkeling. Perlu cara khusus untuk menggunakannya. Agar pernafasan terasa nyaman, Anda bisa berlatih menggunakan snorkel sekitar 5 sampai 10 menit, sebelum memulai snorkeling agar terbiasa menarik dan membuang udara dengan menggunakan mulut.
 


5. Baju khusus
Anda bisa menggunakan wet suit yang biasa disediakan di tempat penyewaan alat snorkeling. Bila tidak ada, Anda bisa menggunakan legging dan kaos lengan panjang. Ada baiknya Anda menggunakan kaos berwarna cerah, agar mudah dikenali kawan.
 

6. Gunakan sunblock
Saat snorkeling, biasanya kita terlena melihat keindahan laut, tanpa menyadari kalau kulit sudah terbakar matahari. Untuk mencegah itu semua, gunakan sunblock yang memiliki SPF tinggi ke seluruh tubuh.
 

7. Gunakan pelampung
Tidak perlu khawatir untuk Anda yang tidak bisa berenang. Biasanya alat pelampung disediakan di tempat penyewaan alat snorkeling. Pelampung sangat berguna untuk keselamatan di laut lepas. Jadi, pastikan selalu mengenakannya.
 

8. Jangan jauh-jauh dari teman
Untuk menambah keamanan selama snorkeling, pastikan Anda tidak berjauhan dengan teman untuk saling menjaga. Terlebih lagi bila bersama instruktur, jangan pernah berjauh-jauhan dengan mereka agar keselamatan lebih terjamin.


sumber: detik travel
Foto Pelampung & Snorkeling gear by Google image 

4 komentar: Leave Your Comments

  1. eaa.. dan saya jadi model poto di page ini :))

    sedikit tambahan, supaya lebih nyaman ber-snorkling-ria, menggunakan dry snorkle* adalah pilihan yang tepat. Ditambah fin yang pas di kaki dan life vest, udah paling the best. dengan tiga alat ini, saya bisa 'anteng' menikmati pemandangan laut ini dari titik ke titik dengan super nyaman

    dry snorkle : jenis snorkle yang air gak akan masuk ke dalam mulut dari pipa snorklenya, air akan keluar dari saluran khusus di pipa tersebut. Kalaupun kita paksa maen ke dalam underwater, saluran pernapasan akan tersumbat, jadi kita gak akan tersedak air laut :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wiih mantabs, nanti hunting cari dry snorkel deh ;)
      kalo soal foto, yaa... karena angle-nya keren. superb deh yang motoin.

      Hapus
    2. Oh jadi punyaku itu namanya dry snorkel *baru tau
      setujuuu semua tipsnya, apalagi yg #8
      don't dive or snorkel alone, sejago apapun..over PD itu berbahaya

      Hapus