WHAT'S NEW?
Loading...

Segelas teh untuk semangat berpetualang

Pernah bersama seorang atau dua teman sekaligus menikmati teh hangat dari satu gelas yang sama? Bagi sebagian orang mungkin terdengar menjijikkan, tapi buat saya terkadang moment itu bisa menambah suasana keakraban dalam hangatnya kebersamaan.

Jack Alawi sedang menyeruput teh panas
Saya segera bergegas setelah instruksi dari leader trip "Meraba Komplek Gunung Anak Krakatau" agar seluruh peserta trip naik ke atas kapal untuk melanjutkan acara sesuai itinerary hari kedua trip Kraktau, yaitu menuju pulau Lagoon Cabe untuk snorkeling, dan lalu pulang. Menurut info yang saya peroleh dari paman google, katanya pulau Lagoon Cabe merupakan spot Snorkeling terbaik di sekitar Krakatau. OK, Mari berangkat! Dalam hati saya begitu antusias.

Pakaian yang melekat di badan belum kering dari keringat yang bercucuran setelah mendaki gunung Anak Krakatau. Saya duduk di atas dak kapal motor kecil dengan kapasitas maksimal hanya 25 orang. Perlahan kapal bergerak menjauh dari gunung pasir abu kehitaman itu. Angin menerpa kencang, suasana berubah dingin. Tidak jauh dari tempat saya  duduk, saya  melihat
sebuah termos air panas, dan plastik transparant berisi kopi, teh dan gula milik awak kapal.

Tanpa pikir panjang, saya langsung berteriak kepada salah seorang awak kapal yang sedang sibuk mengendalikan mesin kapal yang baru dinyalakan. "Mas Bro, minta tehnya ya....". Mas Bro, begitu panggilannya karena ia tak mau menyebut siapa namanya saat saya ajak berkenalan. Mas Bro hanya tersenyum sambil menganggukan kepala membalas teriakan saya.

Secangkir teh tubruk dengan sedikit gula sudah siap dinikmati. Sedikit tiupan di permukaan air teh dalam cangkir, lalu 'sluurrpphh....', nikmatnya menyeruput teh panas ditengah terpaan angin kencang di atas dak kapal. Tanpa saya sadari, ternyata ada dua orang mengantri untuk ikut menyeruput teh di tangan saya.
"Kayaknya enak, mau dong", begitu kata Jack sambil menyambar gelas teh dari tangan saya.
"Eh, cepet gantian. Gue juga mau", Tio menimpali.
Sedetik kemudian tawa kami bertiga pecah, diantara teman-teman lain yang juga duduk membentuk gerombolan kecil dalam perjalanan kami.

Segelas teh di atas kapal itu terasa begitu berbeda dengan segelas teh yang saya nikmati jam 3.30 pagi sebelum berangkat dari pulau Sebesi menuju gunung Krakatau yang baru saja saya tinggalkan. Segelas teh tanpa ampas ditemani 2 buah pisang goreng di warung penduduk pulau Sebesi, dan segelas teh ditemani 2 orang teman di atas kapal. Jelas berbeda suasana namun sama-sama menghangatkan.
Atau segelas teh dengan es batu di siang bolong. Meski menyejukkan kondisi tubuh yang gerah, namun tetap saja menghangatkan suasana kebersamaan, setalah lelah berjalan menyusuri pantai, hutan dan kampung penduduk pulau Sebesi pada hari pertama trip Krakatau. Saya dan teman-teman backpacker koprol memang memilih untuk berjalan, melihat sisi lain pulau Sebesi, disaat yang lain beristirahat, tidur siang di homestay untuk memulihkan satamina setelah perjalanan panjang dari pulau Jawa menuju Komplek Krakatau di selat Sunda melalui Lampung. Ditambah lagi dengan keindahan pulau Sebuku Besar dan Sebuku Kecil yang membuat para peserta terlena dan tak ingin berhenti mengekplorasi pantai dan lautnya.

Sebuah perjalanan pasti memiliki banyak cerita, tidak melulu tentang tempat yang kita tuju dengan keindahannya, atau tentang bagaimana akses untuk mencapainya, atau juga berapa biaya yang kita butuhkan. Tetapi juga tentang orang-orang yang melakukan perjalanan bersama dengan kita. Kejadian-kejadian kecil terkadang begitu membekas dalam ingatan, mengundang senyum dan menggugah keinginan untuk melakukan perjalanan baru, membuat cerita baru, dan bahkan mungkin menambah teman baru.
"Segelas teh untuk semangat berpetualang.
Teh dingin atau panas, tetap bisa menghangatkan suasana persahabatan,
dan membubat rindu untuk kembali melakukan perjalanan."

2 komentar: Leave Your Comments

  1. Mari bicara..mari ngeteh...hahaha #iklan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini ceritaku, mana ceritamu? hahaha #iklan lagi sob ;)

      Hapus