WHAT'S NEW?
Loading...

Gunung Semeru, Pendaki Pemula, dan Bekal Persiapan

Setelah menonton 5cm, ada sedikit ketakutan yang saya rasakan ketika melihat “persiapan tempur” para pemain, yang diceritakan adalah orang-orang yang belum pernah mendaki gunung sebelumnya, yang akan menuju semeru. Tidak lain adalah terkait dengan persiapan dan perlengkapan yang mereka bawa ke Semeru. Persiapan yang kurang tepat tentunya akan sangat menyulitkan perjalanan. Oleh karena itu, saya ingin berbagi tips mengenai apa dan bagaimana yang sebaiknya (menurut saya) seorang pendaki pemula mempersiapkan dirinya untuk mendaki gunung:


Informasi Tempat Pendakian  
Informasi adalah hal yang krusial yang perlu seorang pendaki perlukan. Tanpa informasi, perjalanan tidak akan mudah (walaupun bukan berarti tidak mungkin dilakukan). Seluk beluk
informasi terkait tempat pendakian seperti; kondisi lapangan seperti apa, check point peristirahatan, danau atau tempat kita bisa mengisi kembali bekal minuman, dan berapa jarak perjalanan sampai ke titik tujuan adalah hal minimal yang perlu diketahui. Dan tentunya dengan adanya internet saat ini, akses untuk meraih informasi sudah bukan merupakan hal yang sulit dilakukan.

Persiapan Fisik
Setelah informasi kita peroleh, kita bisa mengukur jarak dan kemampuan fisik kita, untuk kemudian menyimpulkan fisik seperti apa yang kita perlukan untuk siap menempuh pendakian ke tempat tersebut. Hal paling minimal yang bisa kita lakukan adalah menjaga supaya kondisi fisik kita tetap prima; seperti tidur cukup, makan cukup, dan jogging/lari pagi. Bagaimana kalau saya memaksa tanpa persiapan? Saya jamin, hal paling minimal yang akan terjadi adalah badan kalian kaget, pegal-pegal, dan pendakian akan terasa sulit karena untuk bernafas saja kita sudah tergopoh-gopoh.

Persiapan Mental
Perjalanan pendakian itu tidak mudah, dan menguras tenaga. Siapkan mental kita dan ketahui apa tujuan yang ingin kita capai dari pendakian tersebut. Kekuatan mental biasanya diciptakan dari tujuan perjalanan, impian, pengorbanan yang sudah dilakukan, dan kalimat puitis penuh makna (cieeehh~).

Bekal Perlengkapan
Sambungan dari poin pertama untuk poin ketiga ini adalah: berapa lama waktu yang kalian butuhkan untuk perjalanan ini? Jumlah hari yang dibutuhkan akan menentukan seperti apa barang yang akan kalian bawa. Untuk lengkapnya mungkin bisa dilihat dari gambar di bawah ini;


a.  Tas: Jumlah hari yang dibutuhkan bisa mempengaruhi jenis carrier yang bisa kita bawa. Untuk trip 2-3 hari, mungkin tas dengan ukuran 30-50 liter bisa menjadi pilihan. Untuk trip 3-5 hari, ukuran tas 50-80 liter. Untuk trip di atas 5 hari, ukuran tasnya bisa lebih dari 80 liter.
b.  Perlengkapan naik gunung: Sleeping bag, matras (bila perlu), tenda, senter, kompas/gps, multipurpose knife, dan korek api (untuk bikin api), masker, trekking pole (bila perlu), jaket hujan, sarung tangan gunung, tissue basah, botol minum ukuran besar (rekomendasi: water bladder), trash bag (untuk membawa pulang sampah makanan yang dibawa mendaki)
c.  Bekal Logistik : Makanan siap saji lebih diutamakan; sosis bungkus, rendang, dendeng, kornet, abon, nasi, makanan kaleng, dan tentu saja peralatan untuk memasak dan makan di atas gunung
d.  Bekal Pribadi : Baju dan Celana. Baju bola cukup direkomendasikan ketika mendaki, karena bahannya tipis, ringan, dan menyerap keringat. Celana jeans tidak direkomendasikan, karena bahannya menyerap air, berat, dan dingin. Untuk celana saya merekomendasikan celana kargo (yang banyak sakunya) atau celana gunung.
Untuk persiapan malam dan udara yang dingin, siapkan jaket outer dan inner (polar/hangat), kaos kaki ekstra, rekomendasi kaos kaki bola yang tebal dan panjang. Bisa gunakan koyo tempel di telapak kaki dan tangan untuk menghangatkan diri ketika tidur.
e.   Obat2an pribadi : Misalkan; Obat maag, obat sakit perut, obat pusing dan sakit kepala.
f.   Makanan yang Mudah Diserap: Masuk kategori makanan yang mudah diraih, simple, dan kandungan energinya cepat diserap oleh tubuh. Madu, gula merah, pisang adalah rekomendasi dari saya. Kalau mau bawa minuman isotonic pun bisa jadi pilihan.

Mengatur Ritme Perjalanan
Apabila berjalan bersama rombongan dan teman-teman, mengatur ritme diperlukan supaya perjalanan lebih dinamis dan teratur. Karena sekali lagi, sebagai pemula, kita sendiri belum tahu sejauh mana kemampuan diri kita untuk mendaki dan perjalanan jauh ini. Juga apabila kita masih merasa kuat, kita harus mampu memaklumi rekan seperjalanan yang kecapaian dan butuh istirahat. Sebaiknya jangan takut untuk mengatakan kalau sudah kelelahan, beristirahat 3-5 menit cukup untuk kembali melanjutkan perjalanan. Contoh ritme yang bisa digunakan adalah berjalan 15-20 menit, istirahat 5 menit. Berhenti sementara di check point/pos – pos yang ada bisa juga menjadi pilihan. Berjalan sambil mengobrol untuk beberapa orang pun diyakini dapat menyembunyikan rasa lelah perjalanan, sehingga tidak terasa secapek kalau diam saja.

Ketahui Sumber Mata Air Terdekat
Menyambung dari poin satu mengenai informasi, mengetahui sumber mata air yang bisa diminum sangat penting, supaya kita tetap bisa melanjutkan perjalanan. Kebutuhan air yang kita perlukan untuk sekali jalan (1 hari) kurang lebih 1-2 liter.

Persiapan Pendakian Muncak 
Pendakian ke puncak bukanlah hal mudah yang bisa kita lakukan dari titik terakhir. Secara umum, muncak adalah gabungan dari poin-poin sebelumnya. Siapkan fisik dengan istirahat yang cukup. Yakinkan diri untuk menggapai puncak. Siapkan perbekalan yang cukup untuk mendaki.

Untuk Gunung Semeru, biasanya para pendaki menyimpan banyak barang bawaannya di tenda mereka. Dan melanjutkan perjalanan hanya dengan membawa kamera, botol air minum (isi ulang air minum apabila dirasa perlu!), dan makanan  yang mudah diserap tubuh, beberapa orang menggunakan trekking pole/tongkat kayu, supaya perjalanan mereka lebih mudah. Kalau dirasakan barang yang dibawa cukup banyak, kita bisa memasukkan barang-barang tersebut ke dalam tas yang isinya sudah dikeluarkan terlebih dahulu ke tenda. 

menambahkan poin ke-7, perlu diperhatikan sebelumnya seperti apa dan bagaimana status kondisi gunung semeru, apakah situasi dan statusnya memungkinkan untuk didaki sampai puncak atau tidak. Tidak bisa dipungkiri kondisi gunung yang aktif memiliki resiko yang besar untuk para pendaki. Sebut saja fakta di mana Soe Hok Gie, salah seorang tokoh aktivis Indonesia dan mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Indonesia, meninggal di Gunung Semeru pada tahun 1969 akibat menghirup asap beracun di Gunung Semeru. Dia meninggal bersama rekannya, Idhan Dhanvantari Lubis.

 Mematuhi Peraturan Yang Berlaku
Jangan meninggalkan sampah non-organik yang anda buang, bawa turun kembali sampah yang anda bawa. Jangan membawa apapun kecuali hasil foto/video (biasanya orang-orang ada yang membawa pulang bunga edelweiss).
 
Berikut himbauan dari Resort Ranu Pani :


Demikian menurut saya, hal-hal yang perlu kita persiapkan untuk pendakian, sebagai pendaki pemula. Siapkan persiapan dengan matang, supaya kita tidak kesusahan dalam perjalanan. Mohon kritik dan tambahannya apabila dari teman-teman merasa masih ada yang kurang.

120 komentar: Leave Your Comments

  1. Balasan
    1. Sama2..
      Semoga informasinya bermanfaat yahh :D

      Hapus
    2. jadi jo mahamero g 20

      Hapus
  2. mau daki besok ke gunung gede, infonya cukup penting buat saya.. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana pendakiannya ke gede? menyenangkan? saya belum pernah ke gede, sekalinya diajak, sayanya berhalangan ikut -.-"

      Hapus
  3. Semoga lancar pendakiannya ya, enjoy & selamat sampe rumah lagi. :) aamiin

    BalasHapus
  4. menarik sekali, makasih banyak..
    tapi kalo mau pip atau pup di jalan gimanaa?
    maap saia newbie...
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau pup?
      1. cari wc umum yang bisa dipakai (klo nemu, kabarin gw ya!)
      2. klo gak ketemu, cari tempat yang aman, tersembunyi, jauh dari pandangan orang
      2. cari best position buat pip&pup, gali lubang
      3. laksanakan ibadah pip&pup. Bawa tisu basah supaya mudah bebersihnya, sayang klo pake air (dalam ajaran Islam, kamu bisa bersihkan diri dengan menggunakan benda lain kalau tidak menemukan air seperti tisu atau batu)
      4. tutup lubang, jangan mau enaknya terus ditinggalin gitu aja. Bayangin klo lo lagi jalan tamasya liat bekas orang. Tahu diri buat hal ini.

      Hapus
  5. kalau mau sholat 5 waktu bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa. gak ada alasan buat gak solat :)

      Hapus
  6. Siiippp....Thanks atas share infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, semoga berguna yaa :D

      Hapus
  7. Thanks infonya. Tp kalo bt cewk ke semeru susah gk ya? Pdahal ke merapi aja bru bisa sampe pasar bubrah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba baca tulisan saya yang satu lagi tentang Semeru :3

      Hapus
  8. keren.. makasih.. baru mau nyoba merbabu dulu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan lupa untuk tetap menjaga lingkungan; bawa pulang sampah non-organik masing-masing :D

      Hapus
  9. Semeru emenjak dipakai syuting jadi agak kotor Gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu ini jadi tanggung jawab setiap pendaki, pada akhirnya.
      Semeru sudah agak kotor, marilah kita menjaga keasriannya dengan cara-cara yang baik, misal tidak meninggalkan sampah atau buang pup seenaknya :)

      Hapus
  10. kalau usia sekitar 14 tahun an boleh gak bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balai Besar Taman Nasional BromoTengger Semeru (BB TNBTS) melarang anak di bawah 10 tahun mendaki gunung ini

      Hapus
  11. jangan pernah menantang alam, atau berniat menaklukkanya, selalu datang dengan persiapan dan niat baik, semudah apapun rintangannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan siapkan pula mental yang kuat :)

      Hapus
  12. thanks informasinya ..
    bermanfaat banget

    BalasHapus
  13. siapa mau ke semeru tahun depan sekitar bulan2 agustus??????????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya insyaallah ke Semeru Agustus tahun depan. Ngomong-ngomong, makasih infonya, bermanfaat banget.
      Tapi gan, mau tanya, untuk tas gunung, ukuran paling cocok untuk cewek yg berapa ya? Terus untuk pertimbangan mereknya gimana? Aku berencana beli equipment sendiri, selama ini pinjem punya UPK PA. Tolong share-nya ya. Makasih

      Hapus
    2. Untuk naek gunung? Pakai cukup yang 45-55 liter ajah.
      Gak usah maksa 75-80 kalau memang tidak kuat.

      Kenapa 45-55? Supaya kalian bisa cukup membawa barang sambil tetap mampu menikmati perjalanan. Karena, buat apa mendaki gunung kalau pada akhirnya kalian kecapean dan tidak bisa enjoy?

      Hapus
  14. Siap Muncak nih .. bulan depan.. habis lebaran ..
    thank's ya gan atas infonya..!!

    tapi klau boleh tanya..
    medannya bagaimana gan Gunung Semeru ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. panjang tapi tidak terlalu terjal, kalau dibandingkan dengan Gunung Gede. Tapi kalau mau coba2 mendaki ke puncak, itu baru terjal, sudut pendakian lebih dari 45 derajat kalau menurut saya

      Hapus
    2. Wow... serius sudut pendakian lebih dri 45*???
      Ane sama temen2 rencana agustus go semeru bang...
      Butuh bawa tali dll gak?

      Hapus
  15. Jadi pengin ikutan ke Semeru nih... kemarin temanku kuliah juga kesana pas tgl 17 agustus
    oya ini infonya sangat bermanfaat, soalnya ada tips-tipsnya buat kegiatan sebelum muncak
    btw tu lengkap bgt ya barang bawaannya kereeeeen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama samaa, makasih jugaa. Hehe, disesuaikan aja barang bawaannya. Ntar bawa super lengkap tapi ternyata banyak yang gak kepakai kan keki juga.. XD

      Hapus
  16. Berangkat bareng, pulang bareng, hilang juga harus bareng. Kekompakan dan kesolidan kelompok dalam pendakian serta kepemimpinan yang bagus dari leader menjadi suksesnya suatu pendakian :)

    Salam, Gamananta :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, kalau hilang bareng, ntar yang lapor orang hilangnya siapa? :p

      Hapus
  17. makasih infonya gan..
    btw ada yang mau rayain akhir tahun di seru ga...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud ane ngerayain malam pergantian tahun di semeru...??

      Hapus
  18. InsyaAllah ane meluncur akhir tahun gan..Mahameru
    mudah-mudahan waktunya cerah, walau di musim hujan..hehe

    BalasHapus
  19. Insyaallah bulan des saya ke seru gan,,, tapi saya masih sangat pemula :|

    BalasHapus
  20. terimakaih infonya gan...sangat bermanfaat bagi pemula kaya gw..thanks..

    BalasHapus
  21. Mau nnya bos, kl di sekitar area pendakian, ada jasa sewa tenda gk ya? Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau tau juga dong jasa sewa tenda deket2 semeru ^^

      Hapus
  22. Gan,seberapa perlu penggunaan GPS sewaktu naik gunung?? Apakah gps yg ada di hape bisa dgunain??

    BalasHapus
    Balasan
    1. GPS berguna sekali, kalau bisa menggunakannya.
      untuk menentukan titik lokasi yang mau kita tuju dan kondisi kita

      bukan sebuah kewajiban,misalkan klo kita punya kenalan yang sudah pernah atau porter bisa mengantarkan kita menuju tempat tujuan

      gps di hape saya ragu bisa digunakan optimal
      karena balik lagi terhadap kondisi sinyal yang dipancarkan dari hape dan provider.
      belum tentu cukup bagus di gunungnya

      Hapus
  23. Pengen ke mahameru, tp orang lebay bin rempong kyk banci bisa ga ya

    BalasHapus
  24. mantap kak, infonya !
    saya tgl 3 jan 2014 ke semeru,
    saya masih sangat pemula, Mohon Doanya,... :)

    BalasHapus
  25. info tentang biaya" transportasinya gmana gan....?

    BalasHapus
  26. Tetap sopan.jg tingkah laku dan ucapan kita saat mendaki.di pendakian manapun.hey alvie ayo kita naik bareng.jaya wijaya vie... Lihat kontak ku di profil.

    BalasHapus
  27. kalo mau ambil buga abadi ijinnya ma cpa gan?

    BalasHapus
  28. Thx infonya lengkap bener..
    kalo sekitaran Mei jalur pendakian dah dibuka belom ya ?

    BalasHapus
  29. umur minimalnya berapa brooo

    BalasHapus
  30. Ijin Nyimak Om....
    Mampir juga ke lapak ane ya, jika butuh peralatan outdoor
    Bivak Outdoor Equipment
    "Salam Lestari"

    BalasHapus
  31. wah, info yang bermanfaat. perlu persiapan fisik ini buat saya yg pemula. insyAllah bulan mei ke semeru...makasih infonya ya. :)

    BalasHapus
  32. Otw gunung gede pangrango tgl 18,19,20 mei kita dari jps .jejak pendaki sawangan ,bwt yg mau liat kita ktmuan aja di atas ,hehe salam lestari @ziunknews bisa di folow

    BalasHapus
  33. Kapan lagi buka pendakian semeru? Bulan depan udah buka belum.?? Kalo ada yg tau mohon sms ke nomor ane :0852 4125 4321... makasih

    BalasHapus
  34. Mohon info juga gan,, tgl 1 mei ane juga mau k semeru. Udah buka belum kira2?

    BalasHapus
  35. Makasih infonya insya allah ak sm tmn2 brgkat ke semeru tgl 24 atau 28 dr serang banten, kamipun newbie :)

    BalasHapus
  36. Awesome, thanks for the great info! Pocketed. Definitely bakal baca ulang post ini ketika berhasil mengumpulkan niat dan materi untuk naik gunung, hehehehe.

    BalasHapus
  37. Tgl 27 insyaAllah gue sm rombongan berangkat ke semeru Star dri stasiun senen Jakarta ad yg mw ikut janjian d'stasiun senen ok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantab, bisa nih janjian, gw juga tanggal segitu :)

      Hapus
    2. Siiipp..berarti nyampek Malang kota Baru tgl 28 ya?? Q berangkat tgL 28 soalnya..boleh minta kontak nya?? Atau Sms ke nomer ku aja..085790337676 / invite : 29400853 ...biar enak janjianya..ditunggu..thanks

      Hapus
    3. Aku tgl 27 start dari ranu pane.q new be

      Hapus
  38. katanya pendakian ke puncak semeru ditutup gan..??
    saya mau naik ke semeru tanggl 15 mei besok... tapi kemungkinan nggak sampe puncak,,katanya ditutup

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiyaa , status semeru lagi awas kak :)

      Hapus
  39. Rencana saya tanggaL 28 mei ini mau ke Semeru..insya Allah kalau lancar,pengen sampe' puncak..kalau temen" ada juga yg mau kesana bulan ini..ayogg barengan..thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayuk mas , kira2 mas dari daerah mana ya ?

      Hapus
  40. kalo ada yang mau ke puncak semeru pertengahan bulan juni 2014kabari ane yaaa ke 085393277078 atau pin 759EC899

    BalasHapus
  41. Mantap infonya mas.. skrg cukup nhumpul2in informasi aja dulu.. minat sih, tp blm siap kayaknya hehe.. dulu pernah ikut pelatihan dasar sispala, tp udahannya ga pernah dipraktekin :)

    BalasHapus
  42. thx for info . kapan2 hiking bareng bro ;)

    BalasHapus
  43. Ada yang mau ke semeru tgl 9 juni nggak

    BalasHapus
  44. informasi ini berguna banget buat saya yang newbie, hehe. Makasih sekali, rencana mau kesana awal bulan Juli ini. hehe

    BalasHapus
  45. Ayo agustus pertengahan. Jd bisa upacara dipuncak. Please comment.

    BalasHapus
  46. Kalo buat budget dari kalimantan ke semeru kira kira berapa ya? Saya masih new bie, baru pernah ke bromo, punya niat ke semeru tahun depan,

    BalasHapus
  47. Bang rintangan terberat mau sampe ke mahameru sampe puncak nya apa yaa? sesusah apa?
    Persiapan nya ribet banget kah?
    Mohon info nya dong buat yg sudah pernah sampe puncak.

    BalasHapus
  48. Boleh minta nomor hp atau pin bb abang" nya yg sudah sampai puncak semeru kah? Mau tanya" ni. Pingin brangkat kesana jg

    BalasHapus
    Balasan
    1. sandi mau ke semeru kapan? kalau aku rencana tgl 30 bulan juli 2014, tp tripku cm sampai di ranu gubolo tp suamiku sdh pernah ke puncak mahameru

      Hapus
    2. mao naik gunung semeru tapi kira2 biaya buat kesana habis berpa yah

      Hapus
    3. Saya mau kesemeru lg thn 2015
      Bulan mei/juni..
      Saya dari kalimantan..
      Pingin banget sampe puncak. Ada pengalaman ga sampe puncak?

      Hapus
  49. klo d bandingi sama gunung ciremai treknya lebih sulit mna? d tunggu blsannya :)

    BalasHapus
  50. kemrin tanggal 26-28september aku naik gunung papandayan ini adalah pengalaman pertama aku naik gunung sungguh melalahkan bgd udara yah pas malam itu parh bgd sehingga aku masih pake slepping bag ajh masih menggil kedinginan niatnyah kita mao trip lagi ke gunung semeru ..

    BalasHapus
  51. Ah ini pas bgt infonya kakak...
    Trus, kalo gagal muncak padahal sudah nyampe ujung, gimana kakak? Harus kesitu lagi kan :D

    cerita nanggungku disini:
    http://www.virustraveling.com/catatan-perjalanan-mendaki-gunung-semeru/

    BalasHapus
  52. Menyenangkn skali n thanks tuk infox.
    Bleh gak perjalananx di lakukn bln februari?n gak smpe puncak kok,kta rncnax cma di ranu kumbolo? Di buka g ya?

    BalasHapus
  53. doakan saya gan,insya allah saya januari ingin mendaki semeru membawa suatu misi gan,semoga tidak ada halangan agar saya dan rombongan bisa kembali selamat sampe jakarta nanti :) btw infonya keren gan,pas banget buat pendaki yg masih sangat pemula kaya saya gan hehe thanksss

    BalasHapus
  54. keren, lengkap sekali infonya, bagus untuk dijadikan referensi..

    BalasHapus
  55. Tgl 21desember 2014 aq mo ke puncak semeru brg sm rombongan org 6. Di antara smuanya tu aq yg pling pemula mendaki, ini utk pertama kali naik gunung selain bromo ya..

    BalasHapus
  56. ada yang mau k semeru pd akhir tahun bsok gk nih

    BalasHapus
  57. Rencana nanti subuh saya sama teman2 Dr waru sidoarjo brgkt ke mahameru... ayo siapa yg tahun baru ke semeru jg.. bs bareng2 dolor..

    BalasHapus
  58. Gan ane udh lma pengen bgt naek semeru tp sllu terkendala dgn waktu & rekan mendaki, ane rencana abis lebaran nanti mau mendaki adakah yg punya rencana mendaki jg biar bisa bareng, klo ad bisa contact ke 7E8AB436/087774041720, ane dari Jakarta.

    BalasHapus
  59. wah thanks bnget nih infonya, sangat berguna brooo

    BalasHapus

  60. OBAT PEMBESAR PENIS
    ALAMI VIGRX PLUS ASLI
    Cara Pembesar Penis dan Panjang penis tercepat di Dunia.
    VigRX Plus Asli Merupakan Obat Pembesar Penis Alami Bersifat Pemanen, VIGRX PLUS ASLI Mampu Mengatasi Masalah Ukuran Penis Pria Selama Belasan Tahun, Buktikan Sendiri Manfaat Dari Obat Vigrx Plus Dalam Memperbesar Ukuran Penis, Kehebatan Dan Keampuhan Pembesar Penis VigRX Plus sudah sangat terkenal di Dunia. Anda berhak meniikmati Kehidupan Seksualitas Yang Selama Ini Anda Impikan, dapatkan semua itu dengan mengkonsumsi Obat Pembesar Penis no.1 VigRx Asli.
    VIGRX PLUS ASLI , Terus Berinovasi Untuk Memberikan Suplemen Herbal Terbaik Untuk Kinerja Penis Anda Dan Lebih Tahan Lama Di Tempat Tidur. Inilah Saatnya Untuk Menikmati Kehidupan Seksual Yang Luar Biasa. Aspek Paling Penting Dalam Hubungan Adalah Rasa Intim Antara Keduanya. Dalam Waktu Singkat, Anda Akan Melihat Hasil Yang Signifikan Dari Pemakaian Pembesar Penis VigRX Asli Dan Mengubah Fisik Anda Ke Kondisi Prima. Apa Yang Selama Ini Anda Benar-Benar Inginkan! Apa Yang Selama Ini Selalu Anda Dambakan!
    AGEN OBAT 69
    Call Center Hp : 0821 3495 8895
    ( SMS ) 24JAM : 0856 0795 4414
    Pin BlackBerry: 25C7 157B


    http://agenobat69.com/


    - Obat kuat pria
    - VIMAX PILLS ASLI
    - OBAT PEMBESAR PENIS
    - Vigrx asli
    - Lintah Oil
    - Alat Pembesar Penis
    - Celana Vakoou
    - Obat Pembesar
    Obat kencing manis

    BalasHapus
  61. = AGEN TIKET & TOUR DOMESTIK MURAH SIDOARJO KOTA =

    Bingung cari tiket pesawat / kereta api murah ?????
    Kini Beli tiket tidak perlu rumit dan mahal lagi, hanya di Halo Indonesia Tour & Travel.

    KAMI MELAYANI :

    - RESERVASI TIKET PESAWAT
    - RESERVASI TIKET KERETA API
    - VOUCHER HOTEL
    - TOUR DOMESTIK ( Karimunjawa, Jogja, Bali, Lombok, Malang, Rafting, Banyuwangi, Bromo, Dll )
    - PRIVATE TOUR
    - RENTAL ELF, BUS & MOBIL
    - Antar Jemput Tamu & Bandara

    BONUS DARI KAMI :
    - Discount pembelian lebih dari 3 tiket
    - Banyak tiket promo

    = Kami menerima kerjasama perusahaan / instansi sebagai penyedia Tour / Pembelian Tiket Dinas =

    INFORMASI & RESERVASI
    Halo Indonesia Tour & Travel
    P. Sidokare Asri QQ.2 Sidoarjo - JAWA TIMUR
    081235618281 / 085730077308
    54E0B52 / 7ECC7D00
    www.halo-indonesia.com
    Anda bisa menghubungi kami melalui SMS, BBM, Ym Chat, Tlp, email semua 24 jam

    BalasHapus
  62. Sangat bermanfaat :D terima kasih kaka..

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. Mrtku lengkap & informatif sekali

    BalasHapus
  65. terima kasih infonya mas...

    BalasHapus
  66. Terima kasih, informasi sangat bermanfaat, sukses selalu dan salam sejahtera,

    BalasHapus
  67. https://www.tokopedia.com/krisnaoutdoor

    BalasHapus
  68. Gila abis infonya...
    sangat membantu saya...
    thank's bro... GBU

    BalasHapus
  69. Gila abis infonya...
    sangat membantu saya...
    thank's bro... GBU

    BalasHapus
  70. Misi pak admin
    Numpang ngiklan...kalo tidak berkenan bise dihapus...terima kasih
    Transportasi Gunung SEMERU Mahameru/Ranukumbolo, dan BROMO

    Tujuan G Bromo & G Semeru >>> Tujuan Semeru:
    1. Meetingpoint A : Malang - Ranupani (stasiun, terminal, hotel, kampus dll area Malang)
    2. Meetingpoint B : Surabaya (Juanda) - Tumpang - Ranupani
    3. Meetingpoint C : Kota2 lain by request - Ranupani
    4. Semua rute bisa dengan Tambahan wisata BROMO
    View point sunrise, bromo kawah, pasirberbisik, savana, bukiteletubbies dll (dikenakan biaya tambahan)
    5. Juga melayani rute wisata kota Batu & Malang, Wisata pantai diMalang (pulau sempu, goa cina, tiga warna, bajul mati dll)

    Fasilitas:
    - Transpotasi PP dari Meeting point (sudah termasuk, Kendaraan, Bbm, Sopir)
    - Jam berapa aja datang dan jadwalnya bisa jemput atau berangkat
    -Khusus tamu Sahabatsemeru, Kami sediakan Homestay/Rumah Backpaker/Basecamp Transit sebagai tempat istirahat. dengan fasilitas: Ruang istirahat, Kamar mandi, Dapur, teh & Coffe Break dll (bebas menginap untuk menyesuaikan jadwal datang dan pulang)
    - Rekomendasi Guide & Porter jika dibutuhkan
    - segala informasi semeru
    - Info & simaksi dan Kuota (perijinan masuk) - Melayani juga persewaan alat camping lengkap (pricelist bisa pm kami)
    - pulang bisa mampir pusat oleh-oleh khas kota malang/Toko Souvenir Kaos dll

    Contact Person:
    081333088832 (Tlp/whatsapp/L ine)
    5E11235C (pin blackberry)
    sahabatsemeru.blogspot.com

    #sahabatsemeru #semeru #mahemeru #tripsemeru #tripmahameru #transportasi semeru #jeepsemeru #ranupani #ranukumbolo #tripranukumbolo #bromo #gunungbromo #bromomountain #mountbromo #bromotenggersemeru #bromoadventure #bromotravel #bromotengger #bromoindonesia #explorebromo #semerumountain #exploremalang #batumalang
    #travelingindonesia #wisataindonesia #wisatamalang #wisatajatim #exploreindonesia

    BalasHapus
  71. Misi pak admin
    Numpang ngiklan...kalo tidak berkenan bise dihapus...terima kasih
    Transportasi Gunung SEMERU Mahameru/Ranukumbolo, dan BROMO

    Tujuan G Bromo & G Semeru >>> Tujuan Semeru:
    1. Meetingpoint A : Malang - Ranupani (stasiun, terminal, hotel, kampus dll area Malang)
    2. Meetingpoint B : Surabaya (Juanda) - Tumpang - Ranupani
    3. Meetingpoint C : Kota2 lain by request - Ranupani
    4. Semua rute bisa dengan Tambahan wisata BROMO
    View point sunrise, bromo kawah, pasirberbisik, savana, bukiteletubbies dll (dikenakan biaya tambahan)
    5. Juga melayani rute wisata kota Batu & Malang, Wisata pantai diMalang (pulau sempu, goa cina, tiga warna, bajul mati dll)

    Fasilitas:
    - Transpotasi PP dari Meeting point (sudah termasuk, Kendaraan, Bbm, Sopir)
    - Jam berapa aja datang dan jadwalnya bisa jemput atau berangkat
    -Khusus tamu Sahabatsemeru, Kami sediakan Homestay/Rumah Backpaker/Basecamp Transit sebagai tempat istirahat. dengan fasilitas: Ruang istirahat, Kamar mandi, Dapur, teh & Coffe Break dll (bebas menginap untuk menyesuaikan jadwal datang dan pulang)
    - Rekomendasi Guide & Porter jika dibutuhkan
    - segala informasi semeru
    - Info & simaksi dan Kuota (perijinan masuk) - Melayani juga persewaan alat camping lengkap (pricelist bisa pm kami)
    - pulang bisa mampir pusat oleh-oleh khas kota malang/Toko Souvenir Kaos dll

    Contact Person:
    081333088832 (Tlp/whatsapp/L ine)
    5E11235C (pin blackberry)
    sahabatsemeru.blogspot.com

    #sahabatsemeru #semeru #mahemeru #tripsemeru #tripmahameru #transportasi semeru #jeepsemeru #ranupani #ranukumbolo #tripranukumbolo #bromo #gunungbromo #bromomountain #mountbromo #bromotenggersemeru #bromoadventure #bromotravel #bromotengger #bromoindonesia #explorebromo #semerumountain #exploremalang #batumalang
    #travelingindonesia #wisataindonesia #wisatamalang #wisatajatim #exploreindonesia

    BalasHapus
  72. makasi infonya :)
    klo buat mendaki kesana jika belum pernah harus disarankan pake pemandu ga? makasih :D

    BalasHapus
  73. makasih gan, artikelnya sangat membantu
    bagi yang masih pemula dan belum tau soal rute ke Mahameru,ini ane punya artikel referensi tentang pendakian ke Mahameru
    http://kopikampuss.blogspot.co.id/2017/03/jalur-pendakian-gunung-mahameru-dari.html

    BalasHapus
  74. thx gan, artikel yang sangat membantu bagi pemula. sukse selalu. amin :)

    BalasHapus
  75. Mau tanya perijinan Semeru kalau belum punya KTP pakai kartu pelajar usia 18 tahun apakah ttp pake surat ijin ortu???

    BalasHapus