WHAT'S NEW?
Loading...

Satwa, Tanaman dan Sumber Daya Alam Indonesia

Hewan dan Tanaman
Anoa (sepupu jauh dari kerbau, banyak hidup di Sulawesi)

Hewan dan tanaman di Indonesia pada dasarnya dibagi menjadi dua kelompok dengan batas imajiner yang disebut garis Wallace (menurut nama seorang naturalis yang merumuskannya). Garis ini membujur dari utara ke selatan antara Kalimantan san Sulawesi. Di sebelah barat garis imajiner itu, tumbuhan dan hewan bannyak menyerupai tumbuhan dan hewan di Asia Tenggara. Di daerah ini terdapat hutan hujan tropis, pohon palem, pohon pisang, serta sejumlah varietas bunga liar. Di antara hewan di kawasan ini terdapat orang utan, harimau, banteng liar, dan hewan langka - gajah, dan badak. Hewan lain yang ditemukan disini adalah
kancil - hewan kecil yang karena kecerdasannya yang legendaris dalam mengelabui musuh-musuhnya yang lebih besar, menjadi pahlawandalam cerita rakyat Indonesia.

Badak Jawa

Komodo (hewan yang hidup sejak jaman dinosaurus)

Bunga Rafflesia (hanya ada di Indoesia)


Burung Cenderawasih
Sebelah timur garis Wallace, dunia hewannya mempunyai banyak kesamaan dengan hewan Australia. Beberapa jenis yang termasuk hewan luar biasa adalah kanguru dan burung cenderawasih yang berbulu indah. Di samping itu, terdapat anoa, babi, rusa, tapir dan peninggalan jenis reptilia purba satu-satunya di dunia - komodo. Asal terjadinya perbedaan tajam di dalam kehidupan alam ini mungkin merupakan bukti bahwa pulau-pulau bagian barat Indonesia, yang berada di perairan dangkal, dahulunya menjadi satu dengan daratan Asia. Sedangkan pulau-pulau bagian timur yang dikelilingi laut yang dalam dari semula memang sudah terpisah dari benua Asia sehingga tidak memiliki perkembanga jenis hewan liar yang sama.

Sumber Daya Alam
Indonesia memiliki sejumlah besar kandungan berbagai mineral berharga, termasuk diantaranya minyak bumi, gas alam, emas, tembaga, nikel, belerang, mangan, timah, besi, bauksit, dan batubara. Hutan merupakan sumber daya alam lainnya, dan menyediakan sujumlah besar kayu jati, kayu, eboni, dan kayu cendana. Kina yang digunakan dalam pengobatan malaria, dihasilkan dari kulit pohon kina. bambu dan rotan untuk membuat kursi anyaman dan berbagai membel lainnya. Karena dikelilingi lautan, Indonesia memiliki berbagai jenis ikan yang merupakan bagian terpenting dari menu sehari-hari keluarga Indonesia.

Ikan hasil tangkapan nelayan Indonesia

Lokasi tambang emas di Papua

Tambang minyak di Kalimantan

Lokasi bekas penambangan timah di Bangka
Sumber: Buku NEGARA dan BANGSA
Penerbit: GROLIER INTERNATIONAL
Foto: Google image

1 komentar: Leave Your Comments