WHAT'S NEW?
Loading...

Pantai Pasir Putih, Anyer

Apa yang ada dalam fikiran ketika mendengan kata 'Anyer'? Yap! Pantai. Anyer sebenarnya adalah sebuah kecamatan dari Kabupaten Serang, Banten. Nama anyer sebenarnya diambil dari kata 'anyar' dalam bahasa jawa yang artinya adalah 'baru'. Awal mulanya karena daerah ini hancur karena letusan gunung Krakatau yang sangat dahsyat pada tahun 1885, sehingga saat kawasan ini didatangi dan dihuni olah orang-orang baru yang datang dari berbagai daerah, dan kemudian daerah tersebut diberi nama Anyer.


Anyer merupakan daerah yang terletak di bagian barat pulau jawa, tepatnya di pesisir pantai yang menghadap ke barat dan terhubung dengan selat Sunda. Letak yang strategis tersebut kemudian membuat daerah ini menjadi tempat wisata pantai yang populer. Terdapat banyak sekali wisata pantai Anyer yang dapat kita kunjungi, mulai dari pantai yang dikelola dengan baik seperti hotel berbintang, cottage, villa, atau tempat wisata pantai dengan fasilitas yang lengkap
seperti taman bermain dan saung, sampai dengan pantai sederhana yang dikelola penduduk setempat.

Dari sekian banyak pantai tersebut, saya lebih senang berwisata di pantai sederhana yang masih asri dengan pasir luas dan saung sederhana di antara pohon-pohon kelapa. Tempat wisata yang dibuka untuk umum dengan harga tiket masuk yang relatif murah. Bulan Juli 2012 lalu saya dan beberapa teman berwisata bersama di pantai Pasir Putih, letak pantai Pasir Putih yang kami kunjungi tepat bersebalahan dengan hotel Patrajasa. Selain pantai Pasir Putih yang letaknya bersebalahan dengan hotel Patrajasa tersebut, ada beberapa pantai lain di sepanjang pantai Anyer dengan nama yang sama yaitu Pasir Putih, seperti pantai Pasir Putih yang letaknya diapit oleh hotel berbintang 5 Marbella dan hotel Jayakarta. Akan tetapi saya dan teman-teman memilih pantai Pasir Putih terdekat yang bisa dijangkau dari kota Serang, yaitu yang bersebelahan dengan hotel Patrajasa Anyer.
Sesuai dengan namanya, pantai Pasir Putih tentunya memberikan hamparan pasir berwarna putih untuk kita bebas mengekspresikan keceriaan berwisata di pantai. Luasnya area pasir di bibir pantai ini kemudian dimanfaatkan oleh pengelola dengan menyewakan ATV (All-Terrain Vehicle), yaitu jenis kendaraan yang digerakkan dengan mesin motor dan memiliki empat roda. Cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp50.000,- kita bisa menikmati serunya mengendarai ATV selama 15 menit.

Ombaknya yang cukup besar bisa juga dijadikan sebagai tempat belajar berselancar bagi pemula, dengan menyewa papan selancar yang terbuat dari gabus campuran fiber seharga Rp10.000,- dan tanpa batasan waktu. Dasar pantainya landai tanpa karang, membuat pengunjung nyaman berenang bebas atau dengan menyewa ban pelampung seharga Rp10.000,-. Dan seperti pantai-pantai lainnya, di pantai Pasir Putih ini juga ada permainan banana boat dengan harga Rp25.000,- per orang.

Berselancar dengan ombak yang cukup besar
Siang itu cuaca cerah, setelah puas berenang, bermain pasir dengan menimbun salah satu teman dari ujung kaki sampai batas leher, kami membersihakan badan di tempat basuh berupa kamar-kamar kecil dengan kondisi yang seadanya. Kami memang berencana dari satu bulan sebelumnya untuk berwisata ke pantai Anyer dan pesta barbecue. Maka setelah membersihkan badan kami langsung mencari tempat yang cocok untuk membuat tungku dan membuat ikan bakar sendiri. 1 ekor ikan baronang yang ukurannya lumayan besar dengan berat sekitar 1 kilogram, dan 2 ekor lainnya berukuran lebih kecil, menjadi korban makan siang saya dan teman-teman sejumlah 6 orang. Nasi dan sambal dan kecap yang kami bawa dari rumah menambah nikmat suasana makan siang di pantai.

Bagi teman-teman yang ingin berwisata ke pantai Pasir Putih tersedekat dari kota Cilegon ini, cukup dengan membayar sebesar Rp5.000,- per orang, atau Rp10.000,- kendaraan bermotor dan sudah termasuk parkir, dan Rp50.000,- untuk kendaraan roda empat (family car). Di pantai ini terdapat beberapa saung yang dapat kita sewa seharga Rp50.000,- tanpa batas waktu. Pantai yang bisa dijadikan pilihan untuk tempat berwisata, bersenang-sengan bersama teman atau keluarga, tanpa harus membayar terlalu mahal tentunya.

Foto-foto oleh Farahdara

16 komentar: Leave Your Comments

  1. harga yg bener naik bus besar berapa ya?udeh perorangan apa gimana tolong infonya buat bulan juli

    BalasHapus
  2. Hallo Winanty, naik bus dari Jakarta turun di terminal Cilegon, tarif rata-rata 18 ribu, bisa dari Kali Deres, Rambutan, atau Pulo Gadung. Dari terminal Cilegon lanjut naik angkot ungu ke Simpang tiga Cilegon, ongkos 3 ribu. Lalu dari Simpang Tiga cari angkot arah Anyer warna Silver ongkos 7 ribu. :) Semoga membantu, enjoy your holiday yaah..

    Atau kalo naik bus carteran dari jakarta, masuk ke pantai pasir putih ini biaya masuknya satu bis sekitar 350 ribuan.

    BalasHapus
  3. mbak, saya berencana ke Anyer minggu depan, kira2 perjalanan dari jakarta menuju anyer berapa lama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kondisi jalan ke anyer sekarang sulit diprediksi karena ada perbaikan jalan di jalan anyer. Kalo normal 4 jam samae :) kalo macet ya pasti lebih dari ith

      Saran, jangan lewat jalur cilegon. Coba lewat jalur padarincang untuk menghindari macet yaa

      Hapus
    2. Kalau mau coba jalur biasa:
      Jakarta - Cilegon : 2-3 jam
      Cilegon - Anyer : 1-2 jam
      *kalau dengan kondisi jalan normal tidak ada macet/volume kendaraan yang berlebih

      Hapus
  4. kalau harga tiket masuk pantai anyer berapa ya/orang?terus harga tempat penginapan dekat2 pantai anyer berapa ya,saya ada niat mau ke pantai anyer kira kira kurang lebih 100 orang,menginap sehari semalam.

    BalasHapus
  5. waah ada pantai baru buat ngobatin kangen sama pantai - pantai di bali nih :D aseek~~ *nasib stay di jkt* eh, itu bakar - bakar ikan belinya disana juga ya? murah atau mahal tuh?

    BalasHapus
  6. thanks bgt infonya...

    BalasHapus
  7. hallo untuk PR Pantai pasir putih anyer ,
    mau tanya ,untuk harga tiket masuk bus ke pantai pasir putih brp yah ?

    thanks before,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat gathring yaa gan .?? Kalo mau lebih enak. Paket aja gan.. bisa dichakk www.winstour.com or my gmail alvierizkiyansyah@gmail.com

      Hapus
  8. boleh nge-camp ga ya kira2 di pantainya? hehehee

    BalasHapus
  9. Sayang sekali di Anyer obyek wisata pantai harus bayar, belum lagi info yang katanya kalau orang makan sering digetok harganya

    BalasHapus
  10. minta info harga tiket masuk pantai pasir putih anyer bus besar brapa y?
    rencana berangkat tgl 26 april 2015

    BalasHapus
  11. minta kontak personya dong untuk pantai pasir putihnya,mau nanya nanya soal dipantai pasir putihnya

    BalasHapus
  12. Ini cocok buat Refrensi buat liburan besama keluarga,,

    BalasHapus