WHAT'S NEW?
Loading...

Mengenal Indonesia

Republik Indonesia yang kaya akan sumber daya alamnya adalah negara terbesar di Asia Tenggara dan negara kelima terpadat penduduknya di dunia. Republik Indonesia terletak diantara samudera Pasifik dan samudera Hindia. Negara ini membentang lebih jauh dari jarak antara pantai timur dan pantai barat Amerika Serikat. Negara kepulauan yang subur ini memiliki kebudayaan yang tinggi di masa lalu. Kini negeri ini sedang berusaha keras meningkatkan ekonominya.


Dahulu Indonesia pernah terkenal dengan rempah-rempahnya - Columbus dan Magellan berlayar untuk menemukan jalan pintas menuju kepulauan rempah-rempah ini. Pada permulaan tahun 1600, orang Belanda secara bertahap menguasai
daerah ini dan menjadikannya sebuah daerah jajahan yang disebut Hindia Belanda. Pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Namun, belanda tidak mengakui pemerintahan baru ini. Akhirnya, pada tahun 1949 setelah berlangsungnya perang gerilya, Kedaulatan Kemerdekaan Republik Indonesia diakui sepenuhnya.

Pada tahun 1963 Indonesia memperoleh hak atas Papua Barat yang pada waktu itu masih dikuasai Belanda dan kemudian berganti nama menjadi Irian Jaya. Irian adalah nama yang dibuat oleh presiden Soeharto dan merupakan singkatan dari 'Ikut Republik Indonesia, Anti Netherland', kemudian pada tahun 2003 diganti lagi namanya menjadi Papua. Dari tahun 1976 hingga tahun 1999 (selama 13 tahun) Timor Timur yang semula merupakan jajahan Portugis bergabung dengan Indonesia, dan sejak 1999 membebaskan diri menjadi negara dengan nama Timor Leste dan berada dibawah pemerintahan Australia.

WILAYAH
Indonesia merupakan kepulauan yang terdiri atas lebih dari 13.500 pulau besar dan kecil. Dan lebih dari 6.000 pulau berpenduduk. Pulau-pulau ini membentang bagai jembatan batu pijakan antara daratan Asia dan benua Australia. Gunung-gunungnya menjulang tinggi dan sering mencapai ketinggian yang luar biasa di beberapa pulau. Gunung tertinggi yang terletak di Papua tertutup oleh salju secara permanen. Banyak gunung di Indonesia adalah gunung berapi yang masih aktif maupun tidak aktif. Krakatu - yang terletak di selat Sunda di antara Jawa dan Sumatera - mungkin merupakan gunung berapi Indonesia yang paling terkenal di dunia karena pada tahun 1883 letusan gunung ini telah menjadi salah satu contoh letusan gunung berapi yang paling dahsyat dalam sejarah.

IKLIM
Karena letaknya tepat pada khatulistiwa, Indonesia beriklim tropis. Meskipun bersuhu tinggi, biasanya suhunya itu bervariasi sesuai dengan tinggi rendahnya letak daerah tersebut terhadap paras laut. Kebanyakan kota-kota besar terletak di sepanjang pantai atau diatas dataran rendah, oleh karena itu berudara panas dan lembab. Angin musim yang dikenal seagai angin muson menerpa kepulauan itu sehingga terjadilah dua musim - musim penghujan dan musim kemarau sepanjang tahun. Namun pada beberapa pulau kecil di Timur laut, musim kemarau berlangsung cukup lama dan parah. Di sana tanah hanya cocok untuk memelihara ternak dan menanam tanaman yang hanya memerlukan sedikit air.

Sumber: Buku NEGARA dan BANGSA
Penerbit: GROLIER INTERNATIONAL
Foto: Google image

0 komentar:

Posting Komentar