WHAT'S NEW?
Loading...

Mengejar Sunrise hingga Sunset di Bali

Kalau saya ditanya antara gunung dan laut mana yang saya sukai? Jelas saya akan menjawab laut, mungkin karna dilatarbelakangi masa kecil saya yang dekat sekali dengan laut. Dan kerinduan saya untuk kembali dan kembali lagi ke laut. Saat sekolah saya tidak pernah punya kesempatan untuk ke Bali  yang dikatakan orang sebagai "God Island" di mana laut tersebar di setiap sisinya. Buat saya saat itu seperti surganya lautan. 

Kesempatan untuk menginjakan kaki di Bali malah datang saat saya telah lulus kuliah. Kalau orang harus membayar untuk ke Bali, saya malah dibayar untuk hidup di Bali. Pertama kali menginjakan kaki di Bali, saya sudah bisa merasakan suasana yang berbeda dan menghanyutkan. Terlalu hening, terlalu sendu untuk sebuah kota besar, kota pariwisata. Jalanannya yang begitu lengang, begitu teratur, hampir tidak ada kendaraan umum untuk massal, menambah syahdunya "kota istirahat" ini.

Sebuah pengalaman tersendiri untuk saya ketika menyadari bahwa untuk mencari titik sunrise dan sunset di Bali saya harus menelusuri dari Timur hingga ke Barat Bali. Kebetulan saya bekerja di daerah Nusa Dua, jadi mau tidak mau saya harus tinggal menetap di sana supaya memudahkan saya ke tempat saya bekerja. Dan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan karna saat pagi saya bisa lari pagi ke pantai yang ada di sana. Salah satu pantai terkenal yang ada di Timur Bali adalah Pantai Geger. Di pantai ini para surfer berangkat pagi-pagi sekali untuk mengejar ombak. Ombak besar di pantai ini hanya ada pada waktu tertentu, yaitu pukul 05.30 - 07.00 pagi. Jadi jika anda ingin melihat para surfer melakukan aksinya anda harus bangun pagi-pagi sekali di pantai ini. Airnya yang biru dan pasirnya yang putih bersih sungguh indah di pandang mata, di sudut salah satu tebingnya terdapat sebuah Pura yang menambah keindahan pantai tersebut. Di pantai inilah anda dapat pula datang pagi-pagi untuk menyempatkan diri melihat sunrise. Sayangnya karena banyaknya kegiatan yang saya lakukan di pagi hari, saya pun jarang sekali dapat menangkap sunrise. Sekali pun dapat saya sering terlena hingga lupa mengabadikannya.














Di lain tempat di ujung Barat Bali, di mana terdapat pantai Kuta yang sangat fenomenal dan terkenal itu berada. Di pantai inilah para turis asing keluar untuk berpesta dimulai setiap pukul 22.00. Namun saya dengar tentang begitu indahnya sunset yang tenggelam di Kuta. Karna itu saat ada kesempatan saya pun berkunjung ke pantai Kuta di sore hari. Kuta sesungguhnya tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai di Bali yang lainnya, namun karena begitu banyaknya penginapan serta hotel-hotel yang lebih terjangkau baik bagi wisatawan asing atau pun wisatawan domestik, seringnya pantai Kuta menjadi ramai pengunjung. Namun ketika hari mulai gelap dan satu persatu pengunjung pantai mulai kembali ke penginapan atau hotelnya masing-masing, pantai tersebut menjadi hening. Debur ombak dapat terdengar lebih jelas dan saya dapat menikmati indahnya detik demi detik matahari yang mulai terbenam. Begitu damai dan begitu syahdu. Itu yang saya rasakan, sehingga saya tak mampu berucap dengan kata-kata, terpesona, dan itu membuat saya rindu untuk kembali menikmati indahnya sunset.




                             











Ya, kedua fenomena alam itu membuat saya selalu bersyukur bahwa saya dilahirkan di dunia ini. Saya mengagumi begitu besarnya Kebesaran Tuhan. Sungguh pun tiada satu pun manusia yang mampu menandingi lukisanNya yang begitu sempurna. Saya sungguh merindu untuk kembali ke sana hanya untuk sekedar menyapa matahari yang datang dan pergi, seperti seorang kawan yang datang membawa cahaya dan pulang meninggalkan kesan yang mendalam di hati saya.

"Tiada lukisan yang lebih indah selain lukisan alam" 

*seluruh dokumentasi di atas diabadikan dengan kamera ponsel 

2 komentar: Leave Your Comments

  1. wohoo... pingin ke Bali.... ;) Lovina Lovina....

    BalasHapus
  2. bali emang dari dulu sangat indah...
    pingin lagi main ke bali nhii, semoga awal tahun depan bisa ke bali ala backpacker :)

    BalasHapus