WHAT'S NEW?
Loading...

Ke UK, yuk!

Bulan Februari 2011 silam, saya melakukan sebuah trip ke UK (hah?! UK?). Iya UK, keren kan? Sudah lama memang, sudah lebih dari setahun yang lalu tapi tidak pernah ada kata terlambat untuk berbagi. Berbagi itu baik bukan? Apalagi berbagi racun.

UK alias Ujung Kulon itu berasal dari kata ujung dan kulon. Ujung itu artinya ujung atau penghujung bisa disebut paling pinggir dan kulon berasal dari bahasa sunda atau jawa yang artinya barat. Jadi ujung kulon adalah ujung paling barat. Jika dilihat dipeta, letaknya persis disebelah barat pulau jawa. Kita mungkin tahu sebelum provinsi Banten mengalami pemekaran, dahulu provinsi jawa barat adalah provinsi yang paling barat berada di pulau jawa. Dan sekarang tergantikan oleh provinsi banten yang letaknya berada paling barat dan UK adalah lokasi “ter-barat”. UK berada di provinsi banten, tepatnya ada di kabupaten Pandeglang. Memiliki luas 1122.956 Ha; (443 km² diantaranya adalah laut), Ujung Kulon (UK) diresmikan untuk pertama kalinya menjadi taman nasional dan diresmikan sebagai salah satu warisan dunia yang dilindungi oleh Unesco pada tahun 1992.

Pada awalnya UK adalah daerah pertanian pada beberapa massa sampai akhirnya hancur lebur dan habis seluruh penduduknya ketika Krakatau meletus pada tahun 1883 yang akhirnya mengubah kawasan itu kembali menjadi hutan. Meskipun letusan Krakatau telah menyapu bersih kawasan UK, akan tetapi beberapa tahun kemudian diketahui bahwa ekosistem-vegetasi dan satwa liar di UK tumbuh baik dengan cepat. Kawasan UK pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli Botani Jerman, F. Junghun pada Tahun 1846, ketika sedang mengumpulkan tumbuhan tropis. Pada masa itu kekayaan flora dan fauna UK sudah mulai dikenal oleh para peneliti. Bahkan perjalanan ke UK ini sempat masuk di dalam jurnal ilmiah beberapa tahun kemudian.

Badak Jawa
UK merupakan tempat satu-satunya populasi Badak Jawa di dunia. Rhinoceros sondaicus atau Badak bercula satu merupakan hewan yang sangat langka,
populasinya di Dunia ini hanya tinggal 35 ekor dan hanya ada di Indonesia, karena populasi di negara lain sudah punah, di Vietnam akhir tahun lalu sudah dinyatakan punah. Di kawasan yang cukup luas ini untuk bertemu dengan Badak, kemungkinannya sangat kecil. Yang bisa kita temui, paling hanya bekas telapak kakinya saja.

Apapun tujuannya, baik sekedar bersenang-senang, berziarah, menjelejah hutan, camping, melihat keindahan bawah laut dan penelitian ilmiah UK merupakan tempat yang tepat di jadikan tujuan utama.

Senja di Ujung Jaya, Ujung Kulon.
Jika ingin bersenang-senang di alam bebas bisa melakukan trekking menyusuri hutan atau berperahu (canoing) di sungai yang benar-benar alami dengan pemandangan berbagai macam binatang buas semisal Buaya, Ular Pyton dan lain-lain. Jika ingin melihat trumbu karang, berbagai macam ikan, kura-kura atau biota laut lainya di dasar lautan, bisa snorkeling atau diving, Di UK banyak lokasi yang pas untuk kegiatan tersebut.

Untuk Canoing bisa mengunjungi Pulau Handelem, di sana ada sungai cigenter, bagi yang suka snorkling atau diving bisa berkunjung ke pulau Peucang, pulau panaitan dan juga tempat lain yang cocok untuk kegiatan tersebut seperti Pantai Nyawaan, Pulau Badul dan banyak lagi.

Trekking Ujung Kulon
Untuk mencapai UK Dari Jakarta membutuhkan waktu 10 jam sampai 12 jam, 7-9 jam perjalanan darat dan 3 jam perjalanan laut dengan Kapal. Dari tol Jakarta-Merak keluar di pintu tol serang timur kemudian ke pandeglang-Labuan-Panimbang-Sumur dan dilanjutkan ke UK dengan kapal motor.

Jika berniat menumpang kendaraan umum, bisa naik bis dari terminal Kampung Rambutan, Pulogadung, Tanjung Priok atau kalideres dengan tarif Rp17.000,- sampai Rp20.000,- Kemudian turun Di terminal Pakupatan, Serang. Di terminal Pakupatan Pindah naik kendaraan elf Jurusan Serang Taman Jaya dengan Tarif Rp40.000,- bisa turun di Sumur atau bisa juga langsung ke Taman Jaya. Baik di Sumur maupun Di Taman Jaya tersedia Dermaga tempat Sandar kapal Motor yang siap mengantar ke tempat pilihan di UK. Tarif Kapal Perhari Rp1.250.000,- satu kapal dengan muatan maksimal 25 orang, jika waktu liburan panjang bisa menyewa kapal secara paket 3 hari dua malam dengan tarif Rp2.500.000,- sehingga bisa lebih leluasa menikmati pesona alam UK.

Banyak tempat yang sangat luar biasa di UK yang tidak cukup di kunjungi dalam waktu 3 hari, butuh sekitar 10 x 3 hari bagi yang ingin mengunjungi keseluruhan tempat wisata di Taman Nasional Ujung Kulon.

Beningnya air pantai pulau Peucang.
Jika ingin mengeksplor Taman nasional Ujung Kulon lebih dalam bisa menyewa guide dengan tarif Rp100.000,- perhari. Sedangkan tiket masuk Rp2.500,- dan asuransi Rp3.000,- perorang dapat di bayar di Pulau Peucang sambil registrasi dengan biaya sandar kapal Rp100.000,- perkapal. untuk penginapan tersedia di pulau peucang dan handeuleum dengan tarif mulai Rp150.000,- sampai Rp750.000,- permalam untuk 2 sampai 8 orang, namun jika ingin menginap dengan gratis bisa mendirikan tenda, Banyak Camping ground yang bagus di sekitar Taman Nasional ujung Kulon, yaitu di Pulau Handeulem, Pantai Cibom, Pantai Tanjung Layar, Pantai Citelang, dll.

Berikut adalah Tempat di UK yang layak di Kunjungi:
Canoing di pulau handeuleum
  1. Pulau Peucang (Treking karang Copong, Snorkling, Sunset,Sunrise, air terjun,Mancing)
  2. Pulau Handeuleum (Canoing, trekking, Camping)
  3. Pulau Panaitan (Treking, Diving, snorkeling,Mancing dll)
  4. Gua sanghyang Sirah (trekking, Ziarah)
  5. Pulau Badul Dan masih banyak lagi.
Anda tertarik berkunjung ke UK? cobalah pada musim panas atau musim kemarau, pada saat cuaca lebih cerah. Musim kunjungan terbaik adalah sekitar bulan april-september atau sekitar pada saat musim liburan, biasanya yang datang tidak hanya turis lokal tetapi turis mancanegara juga sering berkunjung ke UK. Sementara itu dibulan-bulan basah biasaya UK akan sepi dari pengunjung.

Sebelum berkunjung ke taman nasional ini, konfirmasikan dulu rencana kedatangan Anda ke Pusat Kunjungan Balai Taman Nasional Ujung Kulon di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 51 Labuan dengan nomor telepon (0253) 804681 atau 801731. 

Selain sebagai laporan, langkah ini penting untuk memastikan masih adanya kamar di penginapan kawasan taman nasional agar pengunjung tidak kerepotan mencari tempat bermalam.

Konfirmasi ini juga berguna agar ada kesiapan dari pemandu yang akan mendampingi, baik dari petugas taman nasional maupun pemandu dan portir yang telah ditunjuk Taman Nasional Ujung Kulon. Sebelum melakukan perjalanan lebih lanjut, jangan lupa menanyakan detail apa saja yang harus dipersiapkan dan dibawa selama berkunjung ke taman nasional tersebut. 

Dan tidak ada salahnya sebelum berangkat, terlebih dahulu untuk memantau cuaca di UK. Kita bisa memantau lewat ramalan cuaca atau bertanya langsung pada petugas Taman Nasional Ujung Kulon lewat telepon. Kadang jika cuaca buruk terjadi, bisa disertai gelombang ombak yang tinggi dan hujan lebat disertai angin kencang. Tentunya hal semacam ini akan menghambat perjalanan anda. Biasanya kapal-kapal enggan mengambil resiko untuk berangkat.

So? Tidak sabar untuk segera ke UK? mari persiapkan semuanya dengan baik dan matang agar perjalanan kita lebih menyenangkan dan bebas hambatan. yuk koprol bareng ke UK! ^^
Karang Copong



4 komentar: Leave Your Comments

  1. Hehehe... Racuuuuun..... Kirain mah Uniited Kingdom... :p hueheheheh.... Next triiiip ;)

    BalasHapus
  2. hahaha.. foto terakhir itu bener-bener kampretos chocolatos!!

    BalasHapus
  3. ih iya banget udah terpana "seriusan ini keluarga koprol ngajakin ketemu Heripoter??" eh ternyata mau ketemu Badak :) tp kata Desi Ratnasari kan "tidak ada Badak, tidak baik". yuk ah kesana!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... bisa panas dalem ntar :p
      colek penulisnya si om Randu, insyallah rencana tahun baru say, ikut yok ya yuuu

      Hapus